Home » , , » Tips dan Panduan Membuat Presentasi Power Point PLPG 2017

Tips dan Panduan Membuat Presentasi Power Point PLPG 2017

Presentasi Power Point PLPG 2017
Apa kabar semuanya ? saya harap semuanya baik-baik saja, terutama bagi peserta PLPG yang akan menghadapi PLPG dan harus mempresentasikan hasil pembekalan nya di depan para mentor. Bagaimana perasaannya ? Gugup, galau atau merasa kurang pede ? saya harap optimislah karena presentasi adalah salah satu tahapan wajib yang harus dijalankan dalam PLPG 2017.

Baca juga :

Bapak Ibu sekalian, presentase power point yang dipinta panitia PLPG hanya sekitar 12-20 slide, wah bagaimana mungkin sedangkan laporan saya saja ratusan lembar, bingung jadinya saya ini apa yang harus saya jadikan bahan presentase ?
berikut tips ala saya sendiri berdasarkan beberapa referensi baik itu lomba, pelatihan maupun referensi lain yang bisa anda contoh dalam merancang media presentasi power point.
Pertama mari kita berfikir secara deduktif tentang Power Point, power point sendiri sudah memberikan makna bahwa power adalah kekuatan dan point adalah poin/ pokok, dari kata tersebut kita sudah bisa memberikan kesimpulan bahwa yang ditampilkan dalam power point lebih singkat dari ringkasan bahkan hanya beberapa kalimat saja yang ditulis itu esensinya.
Membuat power point bukan berarti copy paste setiap artikel yang dianggap penting, yang anda lakukan adalah membuat kata yang singkat dan mampu anda jelaskan di hadapan para audiens.
Misal saja teori belajar kognitif jean piaget, tuliskan itu saja namun anda jelaskan tentang teori tersebut, terus bagaimana kalo saya tidak ngerti atau tidak hafal ?. Kembali ke esensi dari presentasi bahwa anda menyampaikan sesuatu namun dibantu oleh media, media itu hanya alat bantu penjelasannya ada di anda, tips presentasi power point akan saya paparkan dibawah ini :
  1. Masukkan kata-kata yang penting semacam ide pokok atau kalimat utama dalam bab yang akan dipresentasikan di dalam slide sajian power point
  2. Buat slide yang sederhana, jangan terlalu banyak gambar atau media lain yang malah menganggu tujuan anda presentasi, ingat ini bukan lomba dimana jenis media anda harus wah dengan menggunakan berbagai macam teknik semacam hyperlink, macros, levidio dll, yang perlu anda lakukan adalah menyampaikan pesan yang harus dimengerti audiens, cukup itu saja.
  3. jelaskan kata-kata yang anda gunakan dalam slide, ingat anda harus bisa menjelaskan kata yang anda tulis bukan membaca slide saja, itu point utamanya
jika dalam presentase PLPG ini instrumen yang dinilai adalah sebagai berikut :
  1. Kualitas Bahan/ subtansi presentasi
  2. Media dalam presentasi
  3. Penguasaan materi
  4. keruntutan penyajian isi laporan
  5. kemampuan menjawab pertanyaan
  6. penggunaan bahasa dalam presentasi
  7. Penampilan dalam presentasi
  8. sikap/ etika dalam presentasi
Semoga artikel ini bisa difahami dan bermanfaat, jika ada kekurangan atau hal yang kurang pas, izinkan penulis memohon maaf atas kesalahan itu.

demikian informasi dari duniapendidikandansekolah.com semoga semua urusan kita dunia dan akhirat dimudahkan oleh Allah.

Wassalamu'alaikum Warahamtullahi Wabarakatuh


0 komentar:

Post a Comment