Home » , , , » Download Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pengganti EYD

Download Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pengganti EYD

Download Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pengganti EYD

Berdasarkan salinan Permendikbud No 50 Tahun 2015 tantang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) maka secara otomatis penggunaan Ejaan yang disempurnakan (EYD) disempurnakan dengan adanya PUEBI ini. pada artikel yang kami bagikan tentang  Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pengganti EYD ini kita akan mengupas tentang apa saja yang berubah dalam PUEBI yang resmi disahkan dengan adanya Permendikbud No 50 Tahun 2015.
Dalam Kegiatan Seminar Bahasa Indonesia di Puncak pada tahun 1972 dan selanjutnya diperkenalkan secara luas oleh tim panitia yang memiliki ketetapan berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 20 Mei 1972, No. 03/A.I/72, pada hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun tersebut juga diresmikanlah aturan ejaan yang baru itu berdasarkan KEPRES, No. 57, tahun 1972, dengan nama Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan lalu menyebarkan buku kecil yang berjudul Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (PUEYD), sebagai dasar pemakaian ejaan itu.

Baca juga artikel kami yang lain :

Karena panduan yang menjadi patokan penggunaan Bahasa Indonesia itu perlu dilengkapi. Panitia Pengembangan Bahasa Indonesia, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menyusun buku Pedoman Umum yang berisi pemaparan kaidah ejaan yang lebih luas dan mendalam
Pada tahun 1988 Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan (PUEYD) cetakan edisi kedua diterbitkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 0543a/U/1987 pada tanggal 09 September 1987. Setelah itu, cetakan untuk edisi ketiga diterbitkan pada tahun 2009 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46. Pada tahun 2016 berdasarkan Keputusan Mendikbud, Dr. Anis Rasyid Baswedan, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (PUEYD) diganti lagi dengan nama Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang penyempurnaan naskahnya disusun oleh Pusat Pengembangan dan Perlindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai penanggung jawab urusan kebahasaan di Indonesia.
PUEBI sendiri melengkapi beberapa hal seperti penambahan penggunaan diftong 'ei', penggunaan huruf kapital untuk unsur julukan, pengaturan penggunaan huruf tebal untuk penekanan, penggunaan titik koma (;), penggunaan bilangan, penggunaan tanda elipsis, penggunaan tanda hubung (-), penggunaan kata pun, penggunaan tanda kurung ().
Untuk lebih jelasnya silahkan Download Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pengganti EYD di bawah ini.
Demikian artikel kami tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pengganti EYD, Dengan adanya struktur penggunaan Bahasa Indonesia yang benar diharapkan seluruh elemen masyarakat terutama tokoh-tokoh negara, lembaga, instansi dan pihak-pihak yang menggunakan Bahasa Indonesia bisa mengikuti dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar bisa menjadi tauladan bagi masyarakat biasa.
Untuk guru agar mengacu pada PUEBI ini dalam mengajarkan Bahasa Indonesia sehingga sesuai dengan aturan yang sudah disusun.
Demikian artikel kami tentang Download Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pengganti EYD dari duniapendidikandansekolah.com terima kasih atas kunjungannya di situs kami, sampai jumpa kembali di artikel kami yang lain.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

0 komentar:

Post a Comment