Home » , , , » Cara Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf/ Teks Persiapan USBN Bahasa Indonesia SD/MI 2018

Cara Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf/ Teks Persiapan USBN Bahasa Indonesia SD/MI 2018

Cara Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf/ Teks Persiapan USBN Bahasa Indonesia SD/MI 2018

Mata pelajaran Bahasa Indonesia mengamanahkan empat keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa yakni keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Sejak kelas 1 SD siswa sudah dibiasakan dengan pembelajaran empat keterampilan ini dari dasar-dasar bahasa awal dan terus dilanjutkan ke penguasaan bahasa tingkat lanjutan. Pada jenjang lanjutan kelas tinggi SD/MI materi Bahasa Indonesia sudah mulai diperluas salah satunya adalah kemampuan siswa menemukan ide pokok (gagasan utama), kalimat utama, dan simpulan paragraf/ teks. materi seperti ini juga diulang-diulang dengan pembahasan yang berbeda dan tema yang berbeda namun secara prinsip tujuannya sama. Tidak jauh berbeda soal USBN SD kelas 6 SD/MI pun soal tentang Ide Pokok dalam Paragraf/ Teks selalu saja menjadi pilihan soal yang tersajikan, sehingga guru harus mampu memahamkan tentang materi Ide Pokok, Kalimat Utama, dan Simpulan Paragraf/ Teks.
Ide Pokok (gagasan utama) untuk menemukannya bisa dengan cara sebagai berikut :

Cara yang paling mudah dalam mencari ide pokok. Ide pokok bisa didapatkan langsung dari kalimat utama. Namun, ada juga beberapa kalimat utama yang tidak bisa dijadikan ide pokok. Jadi, kalimat utama bisa jadi suatu ide pokok, tetapi ide pokok belum tentu kalimat utama.
dibawah ini contoh paragraf yang ide pokoknya bisa diambil dari kalimat utama.

Buah mangga memiliki banyak manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan. Buah yang rasanya masam ini juga bisa dibuat jus yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Kalimat utama paragraf di atas adalah kalimat pertama, yakni “Buah mangga memiliki banyaki manfaat”.

Ide pokok sama dengan kalimat utama sehingga ide pokoknya adalah “Buah mangga memiliki banyak manfaat”.

2Membalik kalimat utama atau menyimpulkan kalimat utama

Cara lain untuk menemukan ide pokok. Kita tinggal mencari kalimat utama kemudian menyimpulkannya menjadi ide pokok atau bisa juga dengan cara membalik kalimat utama.
Contoh:
        Buah mangga memiliki banyak manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan. Buah yang rasanya masam ini juga bisa dibuat jus yang memiliki manfaat untuk kesehatan.
Kalimat utama: Buah mangga memiliki banyak manfaat.
Ide pokok:
-      Manfaat buah kedondong
-      banyak macam manfaat kedondong
-

3 Menyimpulkan isi paragraf

Menyimpulkan isi paragraf digunakan untuk menentukan ide pokok jika kita tidak mampu mengambil dari kalimat utama.

        Ini adalah hewan berkaki empat. Hewan ini termasuk herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Dagingnya menjadi sering dibuat berbagai menu makanan. Saat hari Idul Adha, selain sapi hewan ini sering dijadikan hewan kurban. Hewan ini adalah kambing.

Kalimat utama: Hewan ini adalah kambing.
Paragraf di atas membahas tentang ciri-ciri kambing, sehingga ide pokoknya adalah “ciri-ciri kambing”.


Untuk mengasah kemampuan mencari ide pokok kami membagikan soal-soal tentang ide pokok dalam sebuah paragraf/ teks yang bisa diunduh di bawah ini :


Semoga dengan artikel yang kami bagikan tentang Cara Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf/ Teks Persiapan USBN Bahasa Indonesia SD/MI 2018 bisa bermanfaat bagi kawan-kawan guru semua, terima kasih atas kunjungannya di duniapendidikandansekolah.com sampai jumpa lagi di artikel kami yang lain.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Post a Comment