Home » , » 2 Tips Mempercepat Pengisian PMP 2018.07 Tanpa Aplikasi Faster PMP

2 Tips Mempercepat Pengisian PMP 2018.07 Tanpa Aplikasi Faster PMP


Kawan-kawan semuanya Pengisian Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) tentu cukuplah berat apalagi dikerjakan seorang diri banyaknya kuesioner yang harus dijawab benar-benar menyita waktu, tidak cukup sehari atau dua hari menyelesaikan kuesioner yang tentu saja menguras tenaga dan fikiran karena hasil dari isian ini menunjukkan wajah sebenarnya dari sebuah sekolah. DIKDASMEN KEMDIKBUD baru saja merilis versi akhir PMP 2018.07 sebelumnya 2018.05, dari data yang kami dapat bahwa masih lebih 50% sekolah yang belum mengirimkan data PMP sedangkan batas akhir pengisian ini adalah 31 Agustus Tahun 2018. oleh karenanya kami dari duniapendidikandansekolah.com membagikan artikel tentang 2 Tips Mempercepat Pengisian PMP 2018.07 Tanpa Aplikasi Faster PMP, hal in berdasarkan pengalaman pribadi admin dan tentu saja admin tidak mau menggunakan aplikasi Faster PMP karena dengan alasan bagaimanapun bahwa pengisian otomatis itu beresiko dan bisa saja berakibat buruk bagi sekolah yang menggunakannya. Kembali kepada sudut pandang masing-masing namun admin memilih untuk mengisi secara manual dan lumayan bisa mempercepat pengisian.
Kuesioner PMP ini terdiri dari satu pilihan jawaban dan multi jawaban, tips pertama mengisi satu pilihan jawaban seperti gambar di bawah ini :
2 Tips Mempercepat Pengisian PMP 2018.07 Tanpa Aplikasi Faster PMP
Gambar di atas ini adalah pengisian dengan satu jawaban di PMP 2018.07 yang tombol isiannya berbentuk bulat, mengisi dengan cara dengan mouse tentu kita harus mengarahkan mouse setiap kali memilih jawaban dan harus mengklik agar jawaban kita berhasil dipilih, kalo tanpa mouse harus mengarahkan satu persatu ke jawaban yang dipilih. Gerakan seperti ini cukup membosankan dan melelahkan karena banyaknya yang harus diarahkan. Tips dari kami adalah menggunakan keyboard yakni untuk memindah ke menu kuesioner gunakanlah tombol tab di kiri atas setelah sampai ke pilihan jawaban kuesioner yang berbentuk bulat arahkan dengan panah atas dan panah bawah karena otomatis akan memilih di jawaban yang kita inginkan, jika sudah selesai kembali tekan tombol tab ke soal selanjutnya dan gunakan panah atas dan bawah yang ada di bawah kanan untuk menentukan pilihan. Anda tidak perlu mengklik pilihan lagi karena dengan panah atas dan bawah isian sudah terpilih.
oke kita masuk ke tips ke 2 pengisian PMP secara manual yakni pengisian multiple choices dengan pilihan yang banyak yang harus dicentang, untuk ini kita masih menggunakan tab sebagai kendali gerak arah, jari kita taruh satu di tombol tab untuk menjalankan menu ke menu, jika ingin mencentang yang anda lakukan hanya menekan tombol space dalam keyboard dan kembali menekan tab untuk ke pilihan selanjutnya. kalo diteliti anda akan melihat warna menu yang agak berubah jika tab yang kita klik ditaruh disana. Menurut kami pribadi ini jauh lebih mudah dibandingkan menggunakan mouse ataupun kursor bawaan laptop karena tidak banyak gerakan tangan dan lebih nyaman mengerjakannya dan tentu saja lebih cepat.
Bagi kawan-kawan yang belum upgrade ke PMP Akhir versi 2018.07 bisa unduh melalui link berikut ini :



Ayoo kawan-kawan ops mari kita selesaikan kuesioner PMP tahun 2018 ini tepat waktu semoga bisa lancar, untuk tips ini bisa digunakan jika anda nyaman menggunakannya dan jika masih ingin menggunakan Faster PMP anda bisa yakin dengan resikonya sendiri.

Terima kasih kami ucapkan dari duniapendidikandansekolah.com tentang 2 Tips Mempercepat Pengisian PMP 2018.07 Tanpa Aplikasi Faster PMP semoga kita berjumpa kembali di artikel lainnya, terima kasih atas kunjungannya. Salam Satu Data

0 komentar:

Post a Comment