Sharing, Caring, And Growing Forever

MASIGNCLEAN101

ESTIMASI BIAYA PPG 2019 DALAM JABATAN BAGI GURU

ESTIMASI BIAYA PPG 2019 DALAM JABATAN BAGI GURU

Pelaksanaan PPG 2019 tentu sangat ditunggu bagi yang sudah dinyatakan lulus pretest dan melakukan pemberkasan dan dinyatakan menjadi peserta PPG. akan tetapi estimasi biaya PPG 2019 menjadi hal yang sangat krusial jika tidak dipersiapkan sejak dini akan menimbulkan masalah nantinya. Artikel tentang perkiraan biaya PPG 2019 yang kami duniapendidikandansekolah.com bagikan hari ini merupakan hasil sharing dari kawan kita yang sudah menjalani program PPG tahun 2018 ini. semoga apa yang kami bagikan ini bermanfaat buat kawan-kawan semuanya dan tentunya membuat semuanya lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan.


Yang dinamakan pengalaman tentu bisa menjadi gambaran yang akan dilakukan oleh kawan-kawan yang mengikuti ppg dalam jabatan tahun 2019. walaupun secara khusus tiap daerah berbeda namun gambaran kegiatan dan biaya yang dikeluarkan menjadi penunjuk arah bagi kawan-kawan untuk mempersiapkannnya.

ESTIMASI BIAYA PPG 2019 DALAM JABATAN BAGI GURU


Baiklah mari kita simak pengalaman yang dibagikan oleh kawan kita yang mengikuti PPG DASUS 18 di Makassar Sulawesi Selatan (Editing kami lakukan seperlunya terkait penggunaan bahasa)

Transport dari kampung ke makassar 500rb sudah termasuk makan minum dijalan sekitar 500rb x 2 total 1jt untuk pulang dan pergi.
Sewa kamar tanpa ac + lemari + kasur + listrik + air 450rb x 2 setengah bln (sebulannya 900rb sekamar berdua jd biaya sewa bagi 2) total 1.125.000
Karena bawa rice cooker bisa masak sendiri jadi tinggal beli beras di indomaret kemasan 5kg 70000 x 6 total 420.000 karena berdua dibagi 2 sisa 210.000
Beli lauk untuk makan pagi siang dan malam diratakan saja 25.000 x 75 hari total 1.875.000
Beli air galon isi ulang sekitar 200.000, karena berdua dibagi 2  jadi 100.00 
Ongkos grab saat kuliah dan praktek PPL serta untuk jalan-jalan sekitar 1,5jt
Fotocopy selama kuliah dan PLL (printer bawa sendiri) siapkan saja 1jt untuk beli kertas dan tinta, alat peraga saat mengajar, beli map dan kebutuhan alat tulis lainnya
Biaya makan diluar 500rb saat bosan yang ada di kamar sewaan
Beli snack untuk ngemil saat kerja tugas, UC1000 un bertahan dari flu, susu beruang, sari roti dan selainya, air mineral saat di luar rumah, dan belanja tidak terduga lainnya biaya sekitar 1 juta
Antisipasi laptop instal ulang dan penyakit laptop lainnya siapkan 300rb
Justru biaya beli2 yg tidak terduga yg justru banyak menguras kantong seperti beli snack dan kopi saat istirahat jam 9.30 pagi dan jam 3 sore, bayar kebersamaan seperti membuat baju kaos seragam, beli baju batik seragam, beli cinderamata untuk sekolah tempat melakukan kegiatan PPL, biaya makan minum saat UK, biaya beli snack dan minum serta beli makan untuk dosen saat kuliah sabtu minggu, biaya saat perpisahan di Sekolah tempat PPL, biaya rekreasi bersama seluruh anggota ppg di akhir program.
Apalagi dengar kabar waktu ppg tahun 2019 lebih lama dari ppg yang sudah selesai di 2018 jadi persiapkan saja biaya 10 juta  lebih, belum lagi oleh-oleh saat akan kembali, pasti hati rasa perih saat akan pulang ke kampung halaman dan uang direkening sisa ongkos transport, pasti akan teringat wajah2 suami, istri, anak2, sahabat dan tetangga yang menanti kepulangan kita dengan wajah penuh harap..
Beruntung kami PPG DASUS ada subsidi biaya hidup 4,5jt, dan pengembalian uang transport sesuai tiket keberangkatan dibayarkan pergi pulang serta uang lelah dari LPMP meringankan beban biaya.

Untuk PPG yang bukan DASUS tentu semuanya harus dipersiapkan sendiri, kami harapkan informasi yang kami bagikan ini sedikit memberikan gambaran buat kawan-kawan semuanya.

Terima kasih sudah berkunjung di situs kami duniapendidikandansekolah.com sampai jumpa kembali di artikel kami yang lainnya. Mohon maaf atas kekurangan dalam sajian ini.

Ya Rabbi Shalli 'Ala Muhammad Waftah Minal Khairi Kulla Mughlaq

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Share This :

Info/ File Lain Cari Disini