Home » , , , » Modul-Modul Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah

Modul-Modul Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah

Modul Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah
Modul-Modul Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah
Bapak ibu sekalian, kali ini kita akan membahas tentang PPK, apa itu PPK ya ? PPK adalah penguatan pendidikan karakter. PPK sendiri adalah perwujudan dari nawacita yang dikenal dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang dicanangkan dalam masa pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Baca Juga : Cara Membuat RPP K13 REVISI 2017 dengan merubah RPP K13 REVISI 2016

PPK adalah program pendidikan untuk memperkuat karakter siswa melalui :

  1. Olah karsa
  2. Olah fikir
  3. Olah Raga
Semuanya bisa dilaksanakan dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah.
Nilai utama karakter bangsa dalam PPK ini adalah sebagai berikut :
Religius, Subnilai religius antara lain adalah cinta damai, toleransi, menghargai perbedaan agama dan kepercayaan, teguh pendirian, percaya diri, kerja sama antar pemeluk agama dan kepercayaan, antibully dan kekerasan, persahabatan, ketulusan, tidak memaksakan kehendak, mencintai lingkungan, melindungi yang kecil dan tersisih.
Nasionalis,  Subnilai nasionalis antara lain adalah apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya bangsa, rela berkorban, unggul, dan berprestasi, cinta tanah air, menjaga lingkungan,taat hukum, disiplin, menghormati keragaman budaya, suku,dan agama.
Mandiri, Subnilai mandiri antara lain etos kerja (kerja keras), tangguh tahan banting, daya juang, profesional, kreatif, keberanian, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Gotong Royong, Subnilai gotong royong antara lain menghargai, kerja sama, inklusif, komitmen atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolong- menolong, solidaritas, empati, anti diskriminasi, anti kekerasan, dan sikap kerelawanan.
Integritas, Subnilai integritas antara lain kejujuran, cinta pada kebenaran, setia, komitmen moral, anti korupsi, keadilan, tanggungjawab, keteladanan, dan
menghargai martabat individu (terutama penyandang disabilitas).


PPK ini sudah diterapkan dalam RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 jadi bapak ibu bisa mengambil langkah-langkah pembelajaran salah satunya dengan memasukkan unsur penguatan karakter dalam RPP yang dibuat
Untuk lebih jelasnya dan menambah pemahaman, silahkan download modul di bawah ini :

Demikian saja informasi dari duniapendidikandansekolah.com semoga bermanfaat, salam PPK salam Pendidikan Karakter

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


0 komentar:

Post a Comment