Home » , , , » Panduan Pembuatan RPP K13 Revisi 2017 Terintegrasi dengan 4C, HOTS, Literasi dan PPK

Panduan Pembuatan RPP K13 Revisi 2017 Terintegrasi dengan 4C, HOTS, Literasi dan PPK

Panduan Pembuatan RPP K13 Revisi 2017 Terintegrasi dengan 4C, HOTS, Literasi dan PPK


Kurikulum 2013 memasuki era baru, ya era baru dimana terdapat revisi terbaru lagi dalam implementasinya di sekolah. Rasanya baru saja revisi 2016 eh lanjut lagi dengan revisi 2017, ada apa ini kenapa pemerintah getol sekali melakukan revisi?. Saya yakin yang revisi 2016 saja masih banyak yang menjadi pertanyaan, harusnya tidak perlu disebut revisi saja cuma tambahan saja dalam pembuatan materi RPP dan lain-lain. mari kita bayangkan jika saja revisi 2016 terus diberi label lagi revisi 2017 padahal hanya diberikan penambahan 4 Unsur yang sebenarnya dalam RPP revisi 2016 sudah dimasukkan, dan hanya perlu ditambahkan sedikit saja kenapa harus diberi revisi?

Baca Juga : 
Jadwal Kegiatan PLPG dan Materi KPPG
Cara Membuat Presentasi Power Point Yang Baik

Tingkat pemahaman guru terhadap sebuah istilah itu berbeda-beda coba tiru KTSP pernahkah ada revisi tiap tahun ?... tidak ada kan. tapi terlepas dari pro dan kontra Kurikulum 2013 revisi 2017 seyogyanya tetap kita laksanakan dengan sungguh-sungguh demi menciptakan peserta didik yang handal, berkarakter, dan mampu bersaing di abad yang sesak dengan persaingan.
Bapak ibu sekalian di website ini banyak kami bagikan RPP revisi 2016 yang sebenarnya tidak salah cuma bapak ibu akan saya infokan bahwa dalam RPP itu memasukkan unsur seperti berikut :

  • 4C (COMMUNICATION, COLLABORATIVE, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY) Keterampilan abad 21 yang merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013. Komunikasi, Kolaborasi, Berfikir Kritis dan Kreatifitas. 
Nah, dalam langkah pembelajaran, bagaimana cara memasukkan unsur 4C ?. Kita ambil saja satu kata kolaborasi dan berfikir kritis
Peserta didik membagi kelompok menjadi 4-5 orang (penentuan ditetapkan guru) = peserta didik sudah berkolaborasi, berarti unsur 4C sudah masuk..
Peserta didik dipinta mengungkapkan berbagi macam pertanyaan :
Bagaimana caranya menyampaikan laporan pengamatan ? . kita lihat apa unsur 4c nya jawabnya adalah berfikir kritis.
untuk yang lain anda bisa gunakan diksi yang tepat yang mewakili salah satu unsur yang hendak dimasukkan.

  • HOTS 

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang memberi syarat bahwa peserta didik diharapkan mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.



Bapak Ibu disini sudah jelas bahwa HOTS terdiri dari 3 macam instrumen yaitu kemampuan menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi, dari 3 hal tersebut kita masukkan dalam RPP misalkan saya beri contoh :
Perwakilan kelompok memperhatikan sajian/ paparan dari kelompok lain serta menilai hasil karya dari kelompok lain, mencermati kemudian membandingkan dengan karya kelompoknya dan mendiskusikan kembali pada kelompok masing-masing. 
Ada 3 hal yang dapat disini memperhatikan sajian/ paparan dan menilai adalah kemampuan menganalisis, kemudian mengevaluasi di kata mencermati dan membandingkan, kemudian di saat diskusi di kelompok kembali itulah saat mengkreasi (Unsur HOTS)..gimana ?
  • LITERASI
Adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. 
ini rasanya setiap RPP pasti ada ya, kalo tidak ada bapak ibu bisa menggunakan media bantu yang interaktif agar kegiatan literasi berjalan dengan baik, saya beri contoh literasi dalam RPP :
Peserta didik menonton Video tentang ekosistem, kemudian memberikan pertanyaan kepda guru tentang hal-hal yang masih kurang difahami. kegiatan seperti ini termasuk unsur literasi karena ada kegiatan menyimak, berbicara dan bisa juga ditambah dengan kegiatan membuat ringkasan dari video yang disaksikan. bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing.
  • PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)
Saya rasa kita semua faham bahwa karakter adalah menimbulkan hal-hal yang positif dalam diri anak, ayoo di awal RPP biasanya apa yang dikerjakan?. kalo berdoa ya berarti sudah ada unsur PPK (Religius) nya dalam berdoa, selanjutnya diskusi, gotong royong, kerjasama juga termasuk dari unsur PPK. contohnya :
Peserta didik berdiskusi dalam kelompok tentang video yang sudah ditampilkan di depan kelas dan bersama-sama membuat kesimpulan.

Oleh karenanya jangan buang RPP Kurikulum Revisi 2016 karena sebenarnya itu sudah benar , hanya butuh sedikit sentuhan yaitu memasukkan 4 unsur di atas dan jadilah RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Saya rasa materi ini cukup saja dari duniapendidikandansekolah.com semoga bermanfaat, salam pendidikan

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



0 komentar:

Post a Comment