script async='async' src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> IMPLEMENTASI DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK "MEPIGAS" BERBASIS TIK - Dunia Pendidikan

IMPLEMENTASI DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK "MEPIGAS" BERBASIS TIK




Tugas Akhir PembaTIK Level 4

Bismillahirrahmanirrahim.

duniapendidikandansekolah.com - MEPIGAS merupakan karya inovasi saya dalam melaksanakan tugas PembaTIK level 4. MEPIGAS adalah singkatan dari Media Pembelajaran Interaktif Gampang dan Asyik. Media ini dikatakan gampang karena sangat gampang dalam proses pembuatannya sehingga untuk membuat media pembelajaran interaktif yang asyik untuk murid tidak menyita banyak waktu guru. Dengan demikian diharapkan guru sangat terbantu untuk dapat selalu menyediakan media pembelajaran yang asyik khususnya yang berbasis TIK dalam banyak kegiatan  pembelajarannya. MEPIGAS juga dikatakan asyik karena media ini dapat dengan mudah membawa murid pada suasana ayik, sebab materinya dengan mudah dibuat menarik dan detail disertai permainan-permainan yang membuat murid tidak merasa terbebani dalam menimba ilmu, melainkan dalam suasana yang asyik dan menyenangkan.

Pada kegiatan PembaTIK level 4, saya berbagi tentang karya MEPIGAS ini salah satunya dengan harapan dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru lain untuk membuat karya-karya media pembelajaran yang asyik dan gampang sehingga guru tidak perlu beralasan tidak memiliki waktu untuk membuat media pembelajaran interaktif dengan menu-menu yang lengkap.

Selain berkreasi dalam merancang, membuat MEPIGAS dan mengimplementasikannya hingga saya melaksanakan kegiatan berkolaborasi dalam berbagi praktik baik saya tersebut, saya juga membuat vlog yang saya harapkan dapat menjadi sebuah wadah untuk memberikan gambaran jalannya pelaksanaan kegiatan tugas PembaTIK level 4 ini. Dalam vlog tersebut diantaranya memuat beberapa hal berikut:

1. Testimoni murid tentang implementasi pembelajaran menggunakan MEPIGAS berbasis TIK

2. Testimoni orang tua murid tentang implementasi pembelajaran menggunakan MEPIGAS berbasis TIK

3. Testimmoni Guru tentang implementasi pembelajaran menggunakan MEPIGAS berbasis TIK

Lihat vlog tentang Implementasi pembelajaran menggunakan MEPIGAS serta berbagi praktik baik saya DISINI

Tampilan beranda MEPIGAS

Cara pembuatan MEPIGAS secara umum dapat digambarkan sebagai berikut:

1. Buat materi semenarik mungkin boleh melalui power point atau dapat pula melalui canva.com, setelah jadi dapat di unggah melalui akun kita di youtube.com
2. Buat latihan-latihan kuis melalui platform online, sebaiknya menggunakan akun belajar.id sebab banyak free nya. Platform untuk membuat tugas dan kuis-kuis online tersebut misalnya wordwall.net
3. Buka canva.com sebaiknya menggunakan akun belajar.id
4. Buat menu-menu yang kita inginkan terutama menu materi dan latihan-latihan
5. Tautkan menu-menu tersebut pada konten-konten yang telah kita persiapkan.
6. MEPIGAS siap digunakan untuk pembelajaran.

Adapun keunggulan MEPIGAS dibandingkan media pembelajaran interaktif pada umumnya terletak pada latihan dan kuis-kuisnya. Jika media pembelajaran interaktif pada umumnya membuat latihan dan kuis di dalam sehingga memerlukan waktu untuk mengumpulkan berbagai elemen yang diperlukan untuk membuat game dan kuis-kuisnya maka pada MEPIGAS hal tersebut digantikan dengan link yang ditautkan pada platform online yang menyediakan template yang bervariasi sesuai dengan keperluan.

Cara penggunaan yakni jika ingin membuat untuk dikirim di grup orang tua murid agar anak-anak mengerjakannya di rumah, kita dapat membuatnya dalam mode smartphone sedangkan jika kita ingin menggunakannya dalam pembelajaran di kelas dan ditayangkan maka kita dapat membuatnya dengan mode dekstop. Mode-mode tersebut telah tersedia pada menu-menu di canva.com.


Saya membagikan inovasi saya ini dalam beberapa kesempatan, yakni:
1.  Diseminasi online yang dibersamai oleh duta teknologi 2022, desiminasai ini bersifat wajib bagi peserta PembaTIK 2023
2.  Saya bersama dengan kelompok SILN 2 berkolaborasi dengan kelompok SILN 1 mengadakan kegiatan desiminasi inovasi pembelajaran berbasis TIK berpusat pada murid secara offline di:
       1) Sekolah Indosia Jeddah
       2) Sekolah Indonesia Mekkah

Berbagi praktik baik di Sekolah Indonesia Mekkah


Jika ada hal yang ingin didiskusikan atau ingin memberikan masukan dan saran atau ingin berkomunikasi dengan saya, kiranya sahabat duniapendidikandansekolah.com dapat menghubungi saya melalui:

Menuliskan komentar di postingan tulisan blog saya ini: duniapendidikandansekolah.com
Atau ke akun media sosial saya di:
Facebook: Zainatir Raiyah
Halaman facebook profesional saya: Dunia Pendidikan dan Sekolah
Instagram: Zainatir Raiyah

#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaBelajar

Demikian, semoga karya saya ini dapat bermanfaat dan menjadi salah satu sumber inspirasi dalam upaya membangun pendidikan anak-anak Indonesia yang lebih maju berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Wassalamuálaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Response to "IMPLEMENTASI DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK "MEPIGAS" BERBASIS TIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel