Home » , , » Tips Mempersiapkan PLPG 2017 Secara Holistik

Tips Mempersiapkan PLPG 2017 Secara Holistik

Bahan-bahan yang disiapkan dalam PLPG 2017

Ibarat seorang prajurit, pergi ke medan perang membutuhkan persiapan yang sempurna, selain strategi yang tepat, peralatan perang pun harus mendukung. Perisai, Pedang, Kendaraan dan alat-alat lain adalah alat wajib yang harus dimiliki jika menginginkan kemenangan.
Kurang lebih kita yang akan PLPG tatap muka pada tahun 2017 ini, kita benar-benar harus mempersiapkan diri baik itu penguasaan materi, penguasaan mental maupun ketersediaan alat pendukung PLPG yang akan menghabiskan waktu selama 11 Hari.
Lulus atau tidak bisa jadi tergantung kita, seberapa jauh persiapan dan penguasaan kita terhadap apa yang akan dihadapi. kurang lebih begitu.

baca Juga :

Bagi kawan-kawan yang akan PLPG berikut kami akan bagikan tips berdasarkan kumpulan informasi maupun pengalaman peserta PLPG pada tahun sebelumnya. 
Alat-alat yang harus kamu sediakan dan ada adalah :

  1. Alat Tulis yang lengkap (Pulpen, Pensil, Penggaris Dan lain-lain)
  2. Perangkat pembelajaran selengkapnya, entah itu RPP, Prota, Promes, Silabus maupun perangkat yang relevan dengan materi yang akan diujikan pada bidang studi anda.
  3. Materi tentang Peraturan Menteri yang terkait dengan pendidikan misal (Permen 20/16. SKL; Permen 21/16. Standar Isi; Permen 22/16. Standar Proses; Permen 23/16. Standar Penilaian; Permen 24/16. KD dan KI Kurikulum).
  4. Pas Foto 3 x 4 cm dua lembar atau lebih (berwarna dan terbaru).
  5. Peserta membawa surat keterangan sehat dari dokter (Klinik/Puskesmas/RS).
  6. Bagi peserta yang memiliki riwayat penyakit khusus agar membawa perlengkapan obat sendiri.
  7. Peserta membawa laptop dan flashdisk untuk keperluan workshop dan peer teaching.
  8. Pakaian selama kegiatan (pakaian dinas harian sekolah dan pakaian hitam putih untuk ujian tulis akhir), perlengkapan pribadi selama 11 hari, obat-obatan persediaan pribadi dan perlengkapan lain untuk keperluan PLPG.
Dari beberapa di atas sana perlu dilengkapi lagi ya ini berdasarkan pengalaman peserta sebelumnya, yaitu :
  • Printer
  • Kertas untuk Print
  • Tinta Print
  • Hanger (Gantungan baju)
  • Sabun Cuci
  • Sprei
  • Ember
  • Peralatan Mandi
  • Parfum
  • dan lain sebagainya yang dianggap perlu
Jangan membayangkan PLPG akan nikmat di hotel (Kalaupun di hotel berarti rejeki dong). dimana fasilitas nya tersedia dan enak, karena biasanya PLPG di tempat-tempat pelatihan saja, seperti LPMP, balai diklat dan lain-lain.
Selain persiapan tersebut kondisi fisik juga harus dijaga sebaik mungkin karena bergadang sudah jadi makanan peserta PLPG karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan.
Terakhir dan ini menjadi poin penting adalah penguasaan terhadap materi dan ketuntasan tuntutan tugas seperti Presentasi, Peer Teaching, Workshop. dan jangan lupa target nilai UTN masih 80 belum turun atau naik dibandingkan tahun sebelumnya. 
dibawah ini ada format laporan akhir pembekalan PLPG silahkan didownload.


Bagaimana sudah siap dipanggil ?. Insya Allah siap ya.


demikian saja artikel dari duniapendidikandansekolah.com semoga memberi manfaat yang banyak untuk kita semua.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



0 komentar:

Post a Comment