Home » , , » Panduan DHGTK 2018 Dan Masalah Error Server http://223.27.144.195:2017

Panduan DHGTK 2018 Dan Masalah Error Server http://223.27.144.195:2017

Panduan DHGTK 2018 Dan Masalah Error Server http://223.27.144.195:2017
Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) adalah aplikasi absensi yang dirilis kementerian pendidikan dan kebudayaan (KEMDIKBUD). melalui aplikasi ini setiap guru harus mengisi data kehadiran di sekolah secara online (daring). Sementara ini masih banyak yang kurang peduli dengan adanya DHGTK ini, padahal data kehadiran bapak dan ibu guru menjadi sesuatu yang sangat esensial karena berhubungan langsung dengan tunjangan sertifikasi, data absensi guru dan tenaga kependidikan inilah yang menjadi acuan keluar SKTP (Surat keputusan tunjangan profesi). Melalui artikel Panduan DHGTK 2018 Dan Masalah Error Server http://223.27.144.195:2017 ini kami ingin berbagi dengan bapak dan ibu guru atau tenaga kependidikan terkait tentang DHGTK dan masalah yang terkait error nya jaringan absensi online ini.
Link alternatif DHGTK : 118.98.166.188 lebih gampang login
Kebiasaan umum bahwa di saat akhir-akhir waktu maka akses ke sebuah website seperti sinkronisasi dapodik, laporan bos, pmp, dan lain-lain akan sangat padat merayap, sama seperti DHGTK tampaknya juga mengalami peningkatan akses sehingga website pun error.
Biasanya informasi pendataan dan beberapa masalah ini dibagikan oleh pegawai KEMDIKBUD yaitu akun facebook yang bernama Nazarudin Kompetan dengan alamat akun facebooknya adalah https://www.facebook.com/nazarudin.kompetan melalui akun beliau lah rujukan OPS untuk mengetahui update terbaru tentang aplikasi KEMDIKBUD.
Simak penjelasan bapa Nazarudin Kompetan " Akhir bulan seperti ini banyak Operator sekolah, Kepala Sekolah atau orang yang ditunjuk ingin mencontreng data absen online karena keesokan harinya bulan sudah berganti dan tentunya tidak bisa diedit lagi, namun yang terjadi malah ketika mengakses laman  (hadir.gtk.kemdikbud.go.id atau http://223.27.144.195:2017 ) yang ditemukan malahan tulisan Under Maintenance." Keadaan ini membuat panik operator dan kepala sekolah karena dampaknya akan berpengaruh terhadap tunjangan sertifikasi. 
Faktanya seperti ini jika tidak dicentang kehadirannya pada bulan tertentu maka GTK tersebut dianggap tidak hadir mengajar dan jika lebih dari 3 hari maka TPG nya pun tidak bisa dibayarkan pada bulan tersebut.

Juknis pembayaran TPG sendiri menyebutkan bahwa beban mengajar minimal 24 jam, artinya dalam sebulan guru tidak boleh absen lebih dari 3 hari walaupun sakit, guru hanya boleh izin jika mengikuti kegiatan PKB maksimal 14 hari kalender atau 100 jam dalam bulan yang sama dengan izin resmi dinas pendidikan.

DHGTK ini sendiri adalah pengambil alihan verifikasi kehadiran yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan kabupaten/ kota tetapi sejak tahun ajaran 2017-2018 dirjen GTK kemdikbud merilis DHGTK dalam rangka mendata kehadiran guru secara online yang mulai rilis publik agustus 2017.

Sebenarnya tidak harus setiap hari mengisi DHGTK ini tetapi harus dalam bulan yang ada, misalnya oktober maka pengisian harus di bulan oktober, bisa perminggu atau per akhir bulan, karena jika di kerjakan bulan berikutnya data tidak akan bisa disimpan.

Akan tetapi mengingat kondisi website belum 100% sempurna dan kadang susah diakses ini dimaklumi oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan, karena berdasarkan informasi yang disampaikan Bapak Nazarudin Kompetan jawaban dari pertanyaan salah satu netizen "Seneng jika dhgtk lancar tanpa ada notif maintenance". Bapak Nazarudin menanggapi "iya... sama.. servernya belum optimal,... lakukan selagi bisa saja... nanti dibuka semua bulan bisa centang."

Hal tersebut sebagai sinyal bahwa DGHTK belum optimal, disarankan kerjakan selagi bisa jika maintenance jangan dipaksakan, karena nanti akan dibuka semua data nya agar bulan yang terlewat bisa diisi.

Tetapi disaat web DHGTK bekerja 100% jangan coba lagi cara seperti ini absen harus diselesaikan dalam bulan yang ada.

Oh ya untuk jelasnya tentang tata cara dan hal hal lain terkait DHGTK ini silahkan download panduan DHGTK di link yang kami sediakan di bawah ini.


Jika nanti bapak dan ibu merasa bingung atau baru berkunjung disini alangkah baiknya baca artikel kami tentang cara download file di duniapendidikandansekolah.com

Demikian artikel kami hari ini tentang Panduan DHGTK 2018 Dan Masalah Error Server http://223.27.144.195:2017 dari duniapendidikandansekolah.com semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Post a Comment