Home » , , » Download Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK SD/MI K-13 Revisi 2017

Download Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK SD/MI K-13 Revisi 2017


Download Panduan Pembelajaran MTK dan PJOK K-13 Revisi 2017
Pembelajaran dengan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik terpadu, mata pelajaran yang ada digabung dalam jaringan tematik agar lebih memudahkan peserta didik menguasai materi pelajaran tanpa harus membagi kemampuan kognitif dalam berbagai mata pelajaran yang disajikan setiap harinya, kali ini kami dari duniapendidikandansekolah.com membagikan artikel tentang Download Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK SD/MI K-13 Revisi 2017, ada yang berbeda dengan penerapan jaringan tematik pada kelas rendah di kurikulum 2013 atau sering disebut dengan K13 ini, mata pelajaran matematika dan pjok terintegrasi dalam tema, namun sejak kelas 4, 5 dan 6 SD/ MI mata pelajaran tersebut diajarkan secara terpisah dengan pemisahan buku ajar namun masih dalam satu induk yakni kurikulum 2013/ kurtilas, alasan utama pemisahan mata pelajaran matematika dan PJOK ini tentu berdasarkan kajian mendalam saat implementasi K13 di sekolah-sekolah. selain berubah dan dirombak total dengan adanya revisi revisi yang masih berlanjut seperti revisi 2016, 2017 bahkan saat ini buku guru dan buku siswa kelas 3 dan 6 memasuki revisi 2018.
Baca Juga :
Kawan-kawan sekalian terutama para guru kelas tinggi jenjang SD/ MI, dengan berpisahnya matematika dan PJOK tentu ini menjadi perhatian khusus untuk para guru dan peserta didik pada pembelajaran dengan kurikulum 2013 revisi akhir ini, guru bisa lebih memfokuskan pembelajaran matematika dalam satu buku terpisah agar mata pelajaran konon jika konsepnya tidak diajarkan dengan baik, materi lanjutan matematika akan bertambah sulit dan semakin membuat peserta didik kehilangan gairah untuk mempelajari matematika. 
Alasan utama matematika pada kelas tinggi SD/ MI diajarkan secara terpisah adalah jika masih bergabung dengan mata pelajaran lain dalam tematik, pendalaman materi khusus matematika akan sangat sulit, dan akibatnya jelas akan sangat semakin membuat pemahaman peserta didik terhadap materi matematika sangat kurang dan akibatnya mengganggu ketuntasan materi disebabkan guru K13 tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menjelaskan matematika secara lebih mendalam dan itulah alasan matematika harus diajarkan terpisah. Untuk lebih terang benderang informasinya bisa disimak pada penjelasan di bawah ini :

  1. Karakteristik matematika yang berbeda dengan pembelajaran lain.
  2. Pembelajaran matematika tidak bisa selalu dikaitkan dengan dunia nyata, secara prinsip jika konsep difahami maka materi bisa dikuasai oleh peserta didik.
  3. Jaringan tema tidak mampu mengakomodir materi matematika yang cukup dalam dan luas sehingga makna dan tujuan dari matematika dalam jaringan tema tidak bisa tercapai dengan baik.

Terus ada apa dengan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kenapa harus diajarkan dengan buku terpisah ? : jawabannya dibawah ini :
a. PJOK memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian PJOK berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui mengobservasi dan mencontoh, kemudian melatihkannya secara berulang, tentunya dengan tidak mengabaikan pengembangan kecakapan 4C (Critical, Creative, Colaboratif, Dan Communication).
b. Kebermaknaan pembelajaran PJOK di SD/MI salah satunya dapat ditingkatkan melalui pembelajaran PJOK dalam konteks dunia nyata siswa, hal ini salah satunya dapat dilakukan melalui pembelajaran tematik.
c. Kebermaknaan pembelajaran merupakan energi bagi peningkatan motivasi belajar siswa. Namun ketika dikaitkan dengan tema, terdapat beberapa materi  pembelajaran PJOK yang memiliki keterbatasan dalam mengakomodir struktur dan konten PJOK secara utuh. Oleh karena itu, tidak semua materi yang berkaitan dengan KD dapat diakomodir secara cukup oleh buku tematik.
d. Pembelajaran PJOK banyak dilakukan dengan gerakan anggota tubuh yang harus dimulai dengan pemanasan terlebih dahulu, sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama.
e. Banyak gerakan-gerakan dalam pembelajaran PJOK yang tidak dipahami sepenuhnya oleh guru kelas, sehingga dapat mengakibatkan cedera bagi siswa.
f. Pada umumnya pembelajaran PJOK mengakibatkan siswa berkeringat, sehingga mengganggu proses pembelajaran lain bila terintegrasi.
g. Untuk memberdayakan keberadaan guru mata pelajaran PJOK yang tersedia hampir di semua SD.

Artikel di atas hanyalah beberapa ulasan dari panduan yang resmi, alangkah baiknya kawan-kawan Download Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK SD/MI K-13 Revisi 2017 yang link/ tautannya sudah kami sematkan di bawah ini :
Demikian lah artikel dari kami duniapendidikandansekolah.com tentang Download Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK SD/MI K-13 Revisi 2017 semoga memberikan manfaat buat kawan-kawan semuanya, sampai jumpa lagi di artikel kami yang lainnya, terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment