Home » , , , , , » Download Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK Kelas 4, 5, dan 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK Kelas 4, 5, dan 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

download panduan pembelajaran matematika dan Pjok kurikulum 2013 Revisi 2017

Kesempatan ini kami membagikan informasi tentang panduan pembelajaran matematika dan PJOK pada kurikulum 2013 revisi 2017.
Belum sempurnanya desain pembelajaran kurikulum 2013 hingga saat ini yaitu revisi 2017 membuat guru sebagai ujung tombak pelaksana kegiatan pembelajaran perlu menyesuaikan diri dengan cepat. Artinya jika ada yang baru maka harus segera disesuaikan dengan yang terbaru agar program dan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan.

Baca juga : 

Seperti lepasnya Matematika dan PJOK dari pembelajaran tematik tentu saja menjadi pertanyaan bagi sekolah, kenapa ini terjadi apa alasannya dan bagaimana melaksanakannnya.
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan dalam kebijakan terbaru ini mengambil langkah baru terkait cara dan panduan pelaksanaan pembelajaran matematika dan PJOK kurikulum 2013 revisi 2017.

SILAHKAN UNDUH PANDUAN RESMI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN PJOK KELAS 4, 5, DAN 6 SD KURIKULUM 2013 REVISI 2017 DIBAWAH INI

Untuk siapa panduan pelaksanaan pembelajaran Matematika dan PJOK kurikulum 2013 revisi 2017 ini, panduan ini diperuntukkan :

Guru kelas 4, 5, dan 6 SD
Guru PJOK

Kepala Sekolah Dasar
Pengawas Sekolah Dasar
Dinas Pendidikan.
Jika anda masih bertanya kenapa matematika dan PJOK dipisahkan dari pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 revisi 2017 pada kelas 4, 5, dan 6 SD, jawaban paling rasional adalah seperti yang dijabarkan sebagai berikut :
MATEMATIKA
a. Matematika memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian matematika bersifat abstrak, metode untuk melakukan kajian terhadap objek matematika bersifat deduktif, dan  dengan tidak mengabaikan pengembangan kecakapan 4 C (Critical, Creative, Colaboratif, Dan Communication).
b. Kebermaknaan pembelajaran matematika di SD/MI salah satunya dapat ditingkatkan melalui pembelajaran matematika dalam konteks dunia yang nyata siswa. Pembelajaran dengan mengambil konteks kehidupan nyata/ Realitas tersebut dapat dicapai melalui pembelajaran tematik terpadu.
c. Kebermaknaan pembelajaran merupakan energi agar meningkatnya motivasi belajar siswa, ketika sudah termotivasi,  pembelajaran tidak harus selalu dikaitkan dengan dunia nyata/tema, karena pembelajaran matematika dengan tema memiliki keterbatasan dalam mengakomodir struktur dan konten matematika secara utuh. Oleh karena itu, ketika konteks sudah diperoleh, pembelajaran Matematika dapat dilakukan dengan pemahaman konsep matematika secara utuh.
PJOK
a. PJOK memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian PJOK berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui mengobservasi dan mencontoh, kemudian melatihkannya secara berulang, tentunya dengan tidak mengabaikan pengembangan kecakapan 4C (Critical, Creative, Colaboratif, Dan Communication).
b. Kebermaknaan pembelajaran PJOK di SD atau MI salah satunya dapat ditingkatkan melalui pembelajaran PJOK dalam konteks dunia nyata siswa, hal ini salah satunya dapat dilakukan melalui pembelajaran tematik.
c. Kebermaknaan pembelajaran merupakan energi bagi peningkatan motivasi belajar siswa. Namun ketika dikaitkan dengan tema, terdapat beberapa materi Panduan Pembelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pembelajaran PJOK yang memiliki keterbatasan dalam mengakomodir struktur dan konten PJOK secara utuh. Oleh karena itu, tidak semua materi yang berkaitan dengan KD dapat diakomodir secara cukup oleh buku tematik.
d. Pembelajaran PJOK banyak dilakukan dengan gerakan anggota tubuh yang harus dimulai dengan pemanasan terlebih dahulu, sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama.
e. Banyak gerakan-gerakan dalam pembelajaran PJOK yang tidak dipahami sepenuhnya oleh guru kelas, sehingga dapat mengakibatkan cedera bagi siswa.
f. Pada umumnya pembelajaran PJOK mengakibatkan siswa mengeluarkan keringat, sehingga mengganggu proses pembelajaran lain bila terintegrasi.
g. Untuk memberdayakan keberadaan guru mata pelajaran PJOK yang tersedia hampir di semua SD.

Sekarang semuanya sudah jelas alasan lepasnya Matematika dan PJOK pada SD terutama pada penerapan pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2017.

demikian artikel dari duniapendidikandansekolah.com tentang panduan pembelajaran Matematika dan PJOK Kelas 4, 5, dan 6 SD kurikulum 2013 revisi 2017, semoga bermanfaat dan mohon maaf atas kekhilafan


Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh





0 komentar:

Post a Comment