Home » , , , » Panduan Teknis Pelaksanaan Ekstrakurikuler di sekolah berdasarkan Kurikulum 2013

Panduan Teknis Pelaksanaan Ekstrakurikuler di sekolah berdasarkan Kurikulum 2013

panduan teknis pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah berdasarkan kurikulum 2013
selain kegiatan belajar mengajar, saat ini penerapan kurikulum 2013 sudah merambah ke kegiatan ekstrakurikuler yang ditujukan kepada peserta didik di sekolah. panduan teknis untuk kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan kurikulum 2013 sendiri sudah dirilis pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan dalam rangka mengatur dan menetapkan jenis kegiatan yang dilakukan sekolah dalam melaksanakan kegiatan tambahan selain jam mengajar.
Baca Juga :
KUMPULAN SOAL LATIHAN UN SMA LENGKAP
TEKNIK MEMBUAT RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2017 
kenapa harus diatur ekstrakurikuler ini, jawabannya adalah pemerintah memberi perhatian lebih terhadap faktor-faktor lingkungan yang mungkin akan merusak karakter dan moral peserta didik kita.
Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran yang ada di sekolah dan pelayanan konseling untuk membantu mengembangkan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang memiliki kemampuan dan berkewenangan di sekolah/ madrasah (Depdiknas, 2006:13).
UNDUH PANDUAN TEKNIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KURIKULUM 2013
Sebagai insan pendidikan, kita tentu saja harus mengetahui dan melaksanakan peraturan yang dikeluarkan pemerintah, sebut saja pramuka sudah menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah dari SD sampai SMA berdasarkan permendikbud no 63 tahun 2014.
sedangkan  ekstrakurikuler pilihan bisa dilaksanakan sesuai bakat, minat, dan potensi peserta didik berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah.
Tentu saja dalam panduan teknis pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler ini dengan jelas merincikan sejak perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi sehingga memudahkan dalam mengimplementasikannya dalam program ekstrakurikuler di sekolah yang berdasarkan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013.
Besar harapan kita dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah kita mampu menanamkan sikap dan karakter peserta didik yang baik, berakhlak mulia dan mampu bersaing dalam kehidupan global.
kami rasa cukup sampai disini artikel dari duniapendidikandansekolah.com mohon maaf jika ada kekurangan dalam artikel ini. semoga bermanfaat. Jayalah Pendidikan Jayalah Indonesia


Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


0 komentar:

Post a Comment