Home » , , , , » Kisi-Kisi Serta Pembahasan IPA SMP UTN Ulang Peserta PLPG 2016 dan 2017

Kisi-Kisi Serta Pembahasan IPA SMP UTN Ulang Peserta PLPG 2016 dan 2017

Kisi-Kisi Serta Pembahasan IPA SMP UTN Ulang Peserta PLPG 2016 dan 2017

Kisi-kisi adalah suatu format yang memuat informasi / kriteria yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis / merakit tes Kisi-kisi disusun berdasar tujuan penggunaan soal atau tes.  Seperti artikel yang kami bagikan kali ini yakni tentang Kisi-Kisi Serta Pembahasan IPA SMP UTN Ulang Peserta PLPG 2016 dan 2017 adalah syarat dari pembuatan soal UTN PLPG Mata Pelajaran IPA SMP. kisi-kisi menjadi acuan pembuatan soal sehingga arah bentuk soal tidak melebar kemana-mana. terlebih lagi tidak sesuai dengan kisi-kisi yang sudah diberikan sebelum pelaksanaan tes. Bagi guru IPA SMP yang masih belum lulus UTN PLPG baik itu peserta PLPG 2016 atau PLPG 2017, yang mana peserta PLPG 2016 ini adalah UTN ulang yang ketiga dan bagi peserta PLPG 2017 ini adalah UTN ULANG 1 dimana pada tahun 2017 tadi dinyatakan belum lulus sehingga harus mengulang UTN Kembali yang Insya Allah dilaksanakan pada akhir januari 2018 hingga awal februari 2018. Informasi tentang UTN Ulang 1 dan 3 ini berdasarkan kutipan daripada informasi yang dirilis situs sertifikasi guru yang beralamat :
kutipan informasinya adalah sebagai berikut "UKG ulang 3 bagi peserta PLPG-2016 dan UKG ulang 1 bagi peserta PLPG-2017 akan dilaksanakan pada akhir bulan januari 2018. Informasi selanjutnya akan diinformasikan melalui halaman ini.".



Bapak ibu guru SMP yang belum lulus UTN PLPG dianjurkan agar mempelajari modul, materi sesuai dengan kisi-kisi yang mana soalnya tidak akan jauh daripada kisi-kisi tersebut. soal itu mungkin dirasa tidak sesuai dengan kisi-kisi karena tingkat kesulitan soal tersebut tinggi yang sering disebut dengan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Untuk itu jika ingin memahami kisi-kisi PLPG Mapel IPA SMP maka yang kami bagikan ini tepat sebagai bahan pembelajaran dan pengetahuan agar pembelajaran dan persiapan sesuai arah dan tujuan karena selain kisi-kisi pembahasan tiap butir kisi-kisi itu sangat membantu dalam mendalami kisi-kisi yang ada.
Adapun sebagian kisi-kisi PLPG Mapel IPA SMP kami sajikan sebagai berikut :
  1. Mengaitkan aspek intelektual peserta didik dengan pemilihan scenario pembelajaran IPA
  2. Menentukan bekal ajar awal peserta didik untuk membelajarkan salah satu topic IPA
  3. Menentukan kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA berdasarkan contoh kasus
  4. Menerapkan pendekatan pembelajaran yang tepat pada salah satu topik IPA
  5. Menerapkan strategi pembelajaran yang tepat pada salah satu topik IPA
  6. Menerapkan metode pembelajaran yang tepat pada salah satu topik IPA
  7. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai berdasarkan pembelajaran IPA yang dilakukan
  8. Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
  9. Menganalisis kebutuhan bentuk instrumen penilaian yang sesuai dengan indikator salah satu Kompetensi Dasar (KD).
  10. Mengaplikasikan salah satu prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.
  11. Merancang langkah pembelajaran yang lengkap dan baik dengan menggunakan salah satu model pembelajaran.
  12. Menentukan jenis media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik salah satu materi pelajaran IPA.
Yang diatas ini hanya sebagian saja dari kisi-kisinya, untuk lebih lengkap kisi-kisi mapel ipa beserta pembahasan silahkan klik link di bawah ini :

Jika nanti disaat mendownload file anda kurang faham kenapa ke situs kepolink (safelink) anda tidak usah bingung, silahkan baca panduan download file di duniapendidikandansekolah.com yang dilengkapi dengan tulisan, gambar maupun video singkat mendownload melalui HP ataupun PC. KLIK DISINI
Bapak dan ibu salah satu gambar ini adalah Screen Shot salah satu kisi-kisi dimana IPK dan Pembahasan disajikan langsung berupa pengertian dan terkadang gambar sebagai penjelas.

Kisi-Kisi Serta Pembahasan IPA SMP UTN Ulang Peserta PLPG 2016 dan 2017
Dari gambar di atas bapak dan ibu bisa melihat IPK 9 tentang Menganalisis kebutuhan bentuk instrumen penilaian yang sesuai dengan indikator salah satu Kompetensi Dasar (KD). kemudian pada tabel pembahasan dijelaskan rincian dari kata operasional taksonomi bloom yang digunakan dalam pembuatan indikator untuk kegiatan pembelajaran.

Semoga bermanfaat bagi bapak dan ibu semua yang memerlukan ini, kami harapkan juga UTN Ulang ini juga semuanya bisa lulus amien. sekian artikel kami tentang Kisi-Kisi Serta Pembahasan IPA SMP UTN Ulang Peserta PLPG 2016 dan 2017 dari duniapendidikandansekolah.com terima kasih atas kunjungannya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Post a Comment