Home » » Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera di Sekolah Hari Senin dan Hari-Hari Nasional Lainnya

Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera di Sekolah Hari Senin dan Hari-Hari Nasional Lainnya

Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera di Sekolah Hari Senin dan Hari-Hari Nasional Lainnya
Setiap Sekolah tentu melaksanakan apel/ upacara bendera sebagai wujud rasa syukur kita terhadap perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa kita yang tercinta ini Negara Kesatuan Republik Indonesia. Umumnya upacara bendera dilaksanakan setiap hari senin, yang mana upacara bendera tersebut dilaksanakan dengan penuh khidmat dan disiplin di setiap sekolah.
Pada artikel ini Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera di Sekolah Hari Senin dan Hari-Hari Nasional Lainnya kami ingin membagikan informasi bagaimana pelaksanaan upacara bendera yang sesuai dengan aturan yang ada sehingga menghindari ketidaktahuan atau pelaksanaan upacara yang tidak sesuai dengan aturan.
Tujuan dari pelaksanaan upacara bendera sendiri bermanfaat bagi fisik dan psikis orang yang mengikuti upacara bendera yaitu :

  • Membiasakan bersikap tertib dan disiplin
  • Membiasakan berpenampilan rapi
  • Meningkatkan kemampuan memimpin
  • Membiasakan Kesediaan dipimpin
  • Membina Kekompakan dan Kerajasama
  • Menumbuhkan sikap Jasmani yang tegap dan tangkas
  • Menumbuhkan rasa tanggung jawab
Kami hanya mengulas beberapa saja karena panduan lengkapnya bisa anda unduh di file yang kami bagikan disini.
Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera di Sekolah Hari Senin dan Hari-Hari Nasional Lainnya ini terkait dengan pembahasan secara lengkap tentang :
  1. Maksud, tujuan dan sasaran
  2. Unsur pelaksana
  3. Tugas pokok pejabat upacara untuk Pembina upacara, pemimpin upacara, pengatur upacara dan pembawa acara
  4. Tugas pokok petugas upacara untuk pembawa naskah pancasila, Pembaca teks UUD 1945, Pembaca doa, Pemimpin lagu/ dirigen, Kelompok pengibar/ penurun bendera, Kelompok paduan suara, dan Peserta upacara
  5. Formasi Barisan yang digunakan dalam upacara bendera
  6. Kelengkapan Upacara Bendera
Pelaksanaan upacara bendera disini tentang rangkaian acara, proses pelaksanaan upacara bendera  dari acara persiapan, acara pendahuluan, dan acara pokok. Dalam acara ini rangkaian kegiatan dijelaskan secara detail.
Selain acara penaikan dan penurunan bendera kita juga melaksanakan upacara bendera dalam beberapa kegiatan hari nasional yaitu

Upacara Bendera memperingati Hari Besar Nasional
a. Hari Kartini tanggal 21 April 
b. Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 
c. Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 
d. Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 
e. Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 
f. Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 
g. Hari Pahlawan tanggal 10 November
h.Hari Ibu tanggal 22 Desember 
Susunan acara dan urutan acara pada prinsipnya sama dengan susunan acara dan urutan acara pada upacara pengibaran bendera dan upacara penurunan bendera. Perbedaannya terletak pada urutan acara pada acara pokok. Begitu pula jika ada gangguan dalam kegiatan upacara bagaimana keputusan diambil.
Jika kegiatan upacara bendera selesai tentu ada evaluasi terhadap hasil pelaksanaannya hal ini agar manfaat dari upacara bendera yang dilaksanakan secara baik, akan memberi pengaruh kepada hasil yang akan dicapai, baik hasil fisik yaitu ketertiban, kerapian, maupun hasil non fisik yaitu meningkatkan rasa berbangsa dan bernegara Indonesia.
Untuk lebih lengkap Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera di Sekolah Hari Senin dan Hari-Hari Nasional Lainnya dari Kemendikbud silahkan klik link yang kami bagikan di bawah ini :

Jika anda merasa ada yang kurang difahami dengan tata cara download file disini, jangan terburu-buru menyebut ini file hoax, silahkan baca artikel kami tentang cara download file di duniapendidikandansekolah.com

Demikian artikel Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera di Sekolah Hari Senin dan Hari-Hari Nasional Lainnya kami buat dan tentu berharap bisa bermanfaat bagi insan pendidikan di Indonesia.

Sekian informasi dari duniapendidikandansekolah.com sampai jumpa lagi di artikel kami yang lain.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh