Home » , » Gambaran Perkuliahan/ Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan bagi guru PPG/ PPGJ tahun 2018

Gambaran Perkuliahan/ Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan bagi guru PPG/ PPGJ tahun 2018

Sebelumnya kami ucapkan selamat bagi bapak dan ibu guru yang dinyatakan lulus pretest PPG/ PPGJ tahap 1 tahun 2017 yang kemudian melakukan pemberkasan dengan segala macam lika likunya. Pada artikel kami hari ini yakni tentang Gambaran Perkuliahan/ Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan bagi guru PPG/ PPGJ tahun 2018. Jika sudah dinyatakn resmi sebagai calon peserta PPG dalam jabatan bagi guru maka, pertanyaan pertama yang mungkin difikirkan adalah bagaimana pola pembelajaran/ sistem perkuliahan/ pelaksanaan PPG dalam jabatan bagi guru ini.
Gambaran Perkuliahan Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan bagi guru PPG/ PPGJ tahun 2018Berikut ini adalah gambaran umum dari informasi yang kami dapatkan, dan ini bisa membantu bapak dan ibu sekalian yang akan menjalani PPGJ tahun 2018 ini yang rencananya tahap 1 dilaksanakan pada bulan mei 2018. Simaklah informasi berikut ini : 1. kelas virtual (kelas online/ daring) yang akan dipandu oleh mentor, prinsipnya mirip dengan pembekalan PLPG 2017 dimana kita akan belajar, diskusi dan mendapatkan tugas dari mentor, kemudian diunggah dan diberi penilaian hasil unggahan kita tersebut. Kelas Virtual PPGJ ini dilaksanakan selama 3 bulan, di akhir periode akan dilaksanakan uji kompetensi. Tahap ini jelas bahwa guru yang mengikuti PPG/ PPGJ tahun 2018 tidak meninggalkan tugas wajibnya di sekolah. 2. Lokakarya tatap muka selama 2 bulan, kegiatan tatap muka ini peserta PPG/ PPGJ akan bertemu langsung dengan mentor di tempat dilaksanakannya PPG sesuai dengan tempat yang sudah ditentukan. selama 5 minggu tatap muka, menyiapkan perangkat pembelajaran, seperti Silabus, RPP, media, LJK dan lain-lain, kegiatan ini dalam bimbingan mentor, kemudian 3 minggu selanjutnya adalah berada di sekolah yang sudah ditetapkan oleh LPTK penyelenggara PPG/ PPGJ. Sekolah tempat praktek ini akan dibimbing oleh seorang guru pamong, yakni guru di sekolah yang sudah ditunjuk. Akhir periode lokakarya akan ada UTL uji tulis lokal, uji kinerja di kelas dan Ujian Nasional atau saat ini disebut dengan UTN. Terakhir adalah jadwal pelaksanaan PPG/ PPGJ tahun 2018 yakni tahap I bulan mei 2018 ujian akhir pada bulan nopember 2018.

Demikian artikel kami hari ini tentang Gambaran Perkuliahan/ Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan bagi guru PPG/ PPGJ tahun 2018 semoga apa yang duniapendidikandansekolah.com sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

1 komentar:

Post a Comment