Home » » Glosarium Online Resmi Kemdikbud Untuk Padanan Istilah yang belum difahami

Glosarium Online Resmi Kemdikbud Untuk Padanan Istilah yang belum difahami

Hallo kawan-kawan semua pernah kah mendengar kata glosarium, yah glosarium ini sering berada di akhir halaman dari sebuah buku. Bayangkan saja jika kita membaca namun artinya tidak kita fahami tentu saja akibatnya kita tidak mampu memahami secara keseluruhan dari uraian penjelasan yang kita dapat dari buku tersebut. oleh karenanya melalui artikel kami hari ini yang berjudul Glosarium Resmi online Kemdikbud Untuk Padanan Istilah yang belum difahami ini semoga saja bisa berkontribusi buat kawan-kawan yang kadang mencari padanan Bahasa Indonesia yang tepat, terlebih lagi saat ini kita masih sangat banyak mengadopsi Bahasa Asing dalam penyebutan sesuatu/ istilah sehari-hari. 
Baca Juga :baha
Glosarium Online Resmi Kemdikbud Untuk Padanan Istilah yang belum difahami

Apa itu glosarium menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kamus dalam bentuk yang ringkas/ daftar kata dengan penjelasannya dalam bidang tertentu, selain itu rujukan tentang apa pengertian glosarium dari wikipedia adalah suatu daftar alfabetis dalam suatu ranah pengetahuan tertentu dan dilengkapi dengan definisi untuk penggunaan istilah-istilah tersebut.
Dari pengertian di atas dapat kita ambil suatu benang merah bahwa glosarium adalah bentuk dari sebuah kamus namun dalam satu bidang tertentu, dan biasanya bergabung dengan buku/ tulisan yang kita baca/ telaah.
Tidak semua buku menyertakan glosarium dan tidak semua kata berhasil dimaknai dan dipadankan ke Bahasa Indonesia, oleh karenanya badan bahasa kementerian pendidikan dan kebudayaan membuat sebuah glosarium yang diharapkan bisa membantu kawan-kawan semua mengartikan atau memadankan istilah-istilah yang didapatkan dari bidang-bidang berikut ini :

  1. Kimia
  2. Fisika
  3. Matematika
  4. Biologi
  5. Pertanian
  6. Keuangan
  7. Linguistik
  8. Teknologi Informasi
  9. Farmasi
  10. Perhutanan
  11. Kedokteran Hewan
  12. Peternakan
  13. Perikanan
  14. Teknik Mesin
  15. Teknik Kapal terbang
  16. Teknik Automotif
  17. Teknik dirgantara
  18. teknik listrik
  19. Ekonomi
  20. Antropologi
  21. Sosiologi
  22. Politik
  23. Kedokteran
  24. Komunikasi Massa
  25. Teknik Pertambangan
  26. Fotografi dan film'
  27. Filsafat
  28. Arkeologi
  29. Kedokteran gigi
  30. Pendidikan
  31. Agama Islam
  32. Pariwisata
  33. Keperawatan
  34. Teknik Kimia
  35. Teknik Sipil
  36. Sastra
  37. Lain-lain
Glosarium ini sendiri bisa diakses secara online dan terus diperbaiki sesuai dengan perkembangan Bahasa Indonesia secara khusus dan pengaruh bahasa internasional umumnya terlebih lagi karena pengaruh globalisasi saat ini.
Baiklah untuk mengakses Glosarium Online Resmi Kemdikbud Untuk Padanan Istilah yang belum difahami silahkan ikuti tautan di bawah ini :

Demikian lah artikel kami hari ini tentang Glosarium Online Resmi Kemdikbud Untuk Padanan Istilah yang belum difahami dari kami duniapendidikandansekolah.com semoga membantu dan bisa bermanfaat bagi kawan-kawan semua.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Post a Comment