Home » , , , » PPG dalam Jabatan Bagi Guru (PPGJ) Kementerian Agama Tahun 2018

PPG dalam Jabatan Bagi Guru (PPGJ) Kementerian Agama Tahun 2018

Hallo sahabat semuanya, semoga aktifitas yang anda jalani hari ini dan nantinya bisa bermanfaat. Pada kesempatan ini kami dari duniapendidikandansekolah.com membawakan artikel tentang PPG dalam Jabatan Bagi Guru (PPGJ) Kementerian Agama Tahun 2018, Bagi guru-guru dari kementerian agama yang ada di Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah ini adalah kabar gembira bahwa Kementerian Agama membuka pendaftaran sertifikasi guru melalui jalur Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan yang mana surat edaran resminya sudah rilis pada tanggal 16 Mei 2018 ini. Silahkan segera mengecek situs http://simpatika.kemenag.go.id/ untuk segera melakukan pendaftaran.
Hal ini sudah menjadi pertanyaan banyak guru dalam naungan kemenag, kenapa mereka tidak pernah sama sekali dipanggil, dan ternyata kemenag punya jalan sendiri bukan lewat guru kemendikbud yang melalui SIM PKB tetapi lewat menu simpatika yang selama ini memang menjadi sentral pendataan para guru kemenag baik yang berada di RA, MI, MTs, maupun MA.
Perlu diketahui bahwa rangkaian seleksi ini dalam tahapan berikut :

  1. Pemetaan Linieritas ijazah S-1/ D-4
  2. Pendaftaran Calon Peserta
  3. Seleksi Akademik
  4. Seleksi Administrasi
Selanjutnya pemetaan linieritas ini dilaksanakan terhadap semua guru Madrasah  melalui SIMPATIKA.

PPG dalam Jabatan Bagi Guru (PPGJ) Kementerian Agama Tahun 2018

Calon Peserta PPG dalam jabatan bagi guru (PPGJ) adalah yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember tahun 2005.
Untuk pendaftaran Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan bagi guru/ PPGJ ini dibuka hanya 10 hari yakni dari tanggal 16 - 26 Mei tahun 2018.
Linieritas ijazah dengan kuliah PPG nya pun bisa anda cek melalui edaran yang kami bagikan di bawah ini.
Untuk lebih lengkap tentang edaran PPG/ PPGJ bagi guru madrasah naungan Kemenag silahkan KLIK EDARAN DISINI
Perlu diingat tidak hanya mendaftar, para guru madrasah dalam naungan kemenag juga harus mempersiapkan diri agar saat pretest nanti bisa lulus dan mengikuti PPG dalam jabatan, sebelum PPG ada pretest, pretest inilah yang jadi penentu anda bisa atau tidak mengikuti PPG sesuai dengan kouta yang sudah ditetapkan.
Pendaftaran melalui akun simpatika masing-masing tidak bisa mendaftar dengan akun yang lain, jadi harap gunakan username dan password yang sudah dimiliki.
Untuk tes nanti ada 4 bahan yang harus dipersiapkan yakni :
Tes Potensi Akademik
Tes Pedagogik
Tes Bidang Studi
Dan Tes Bakat dan Minat
Demikian lah artikel kami hari ini tentang PPG dalam Jabatan Bagi Guru (PPGJ) Kementerian Agama Tahun 2018 . semoga bermanfaat terutama bagi kawan-kawan yang ada di naungan Kemenag. Semoga berhasil dan sampai jumpa di artikel kami yang lainnya.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh