Sharing, Caring, And Growing Forever

MASIGNCLEAN101

KISI KISI USBN SD TAHUN 2019 DAN MI K-13 DAN KTSP

KISI KISI USBN SD TAHUN 2019 DAN MI K-13 DAN KTSP


BSNP resmi merilis Kisi-Kisi USBN SD dan MI Tahun 2019. Masih irisan antara KTSP dan K-13 Revisi 2018. Muatan IPA, Bahasa Indonesia dan Matematika menjadi mata pelajaran yang diujikan masih sama dengan tahun tahun sebelumnya. walaupun secara kurikulum berbeda namun pemerintah mengambil jalan tengah yakni membuat kisi-kisi pdf irisan antara implementasi dua kurikulum tersebut yakni KTSP dan Kurikulum 2013 Revisi 2018 dalam muatan kisi-kisi yang dirilis. Ini menjadi jalan terbaik agar siswa dengan kurikulum yang berbeda mampu menjawab soal-soal yang diujikan. 


KISI KISI USBN SD TAHUN 2019 DAN MI K-13 DAN KTSPPerlu diketahui bahwa semenjak tahun 2018 penerapan soal USBN berbeda dari tahun 2017 yakni adanya soal essay, awalnya pemerintah menyebutkan soal semacam isian namun setelah diujikan soal itu berbentuk essay yang mana harus dinalar dulu baru peserta didik bisa menjawab soal-soal yang disajikan. Persentase pilihan ganda adalah 90% dan essay sebanyak 10%. namun 10 % ini juga menjadi sangat penting diajarkan. Kami rasa jika peserta didik sudah terbiasa dengan soal HOTS maka soal pilihan ganda akan jauh lebih mudah. bukan sebaliknya kita melakukan penguatan di soal pilihan ganda dan sesekali mengajarkan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Implementasi soal HOTS sendiri sudah lama didengar dari adanya kurikulum 2013 revisi 2017, namun implementasi nya masih ambigu di sekolah. Sebut saja sistem pembelajaran yang menggunakan pola tradisional yakni ceramah, tanya jawab dan lain-lain hampir dipastikan peserta didiknya akan sangat kesulitan menjawab soal jenis ini.

Pemerintah Pusat dalam hal ini turut menyumbangkan soal sebanyak 20-25 % sesuai dengan pernyataan dari Ketua BSNP "Untuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 % dan soal esai sebanyak 10 %. Untuk USBN sendiri 20-25 persen soal disediakan dari pusat. hal yang patut difahami adalah penerapan soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)"

Untuk jenjang SD dan MI ada 3 pelajaran yang akan diujikan dalam USBN ini mata pelajaran yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda yakni Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Indonesia. tingkat kesulitan materi ini pun tergantung minat dan kesukaan peserta didik. kita tidak bisa menentukan materi mana paling mudah atau mana yang paling sulit.

Baiklah kawan-kawan guru ataupun peserta didik untuk download Kisi-kisi USBN SD dan MI Tahun 2019 silahkan klik link tautan yang kami bagikan di bawah ini :


Nah kami rasa cukup sekian sajian kami dari duniapendidikandansekolah.com terima kasih atas kunjungannya. mohon maaf atas segala kekurangan dalam sajian kisi-kisi usbn SD tahun 2019 dan MI K13/ KTSP. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang lainnya.

Ya Rabbi Shalli 'Ala Muhammad Waftah Minal Khairi Kulla Mughlaq
Wassalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh
Share This :

Info/ File Lain Cari Disini