script async='async' src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> 10 PAKET SOAL OSN SD IPA DAN MI TAHUN 2018-2019 SERTA PEMBAHASAN - Dunia Pendidikan

10 PAKET SOAL OSN SD IPA DAN MI TAHUN 2018-2019 SERTA PEMBAHASAN

10 PAKET SOAL OSN SD IPA DAN MI TAHUN 2018-2019 SERTA PEMBAHASAN

Bismillahirrahmanirrahim, 10 Paket soal OSN SD IPA dan MI Tahun 2018-2019 Serta Pembahasan. soal-soal olimpiade siswa nasional (OSN) mata pelajaran IPA ini digunakan pada jenjang SD dan MI sebagai bahan latihan dan referensi untuk persiapan mengikuti seleksi OSN. Soal OSN SD IPA ini kami bagikan agar kawan-kawan pembimbing maupun siswa yang mengikuti memiliki bahan belajar untuk persiapan OSN yang ada untuk tahun pelajaran 2018-2019 ini. Seleksi ini dilakukan dari satuan pendidikan terkecil hingga nanti berlaga di OSN tingkat nasional.
10 PAKET SOAL OSN SD IPA DAN MI TAHUN 2018-2019 SERTA PEMBAHASAN
Seleksi OSN ini sendiri dimulai dari tingkatan sekolah, para guru bisa langsung menunjuk peserta didik yang berpotensi di bidang IPA, kemudian diseleksi di tingkat sekolah untuk menentukan perwakilan sekolah. Setelah itu kemudian seleksi OSN IPA SD/ MI Tingkat kecamatan dimana juara 1, 2, dan 3 nantinya akan diseleksi kembali tingkat kabupaten/ kotamadya. setelah mendapatkan juara tingkat kabupaten/ kotamadya akan diseleksi kembali ke jenjang provinsi, juara pada provinsi inilah yang akan mewakili provinsi nya masing masing pada jenjang nasional. begitu panjangnya proses seleksi OSN ini, sehingga para pembimbing harus benar-benar mempersiapkan dengan baik dan dari peserta didik yang terbaik agar bisa bersaing dengan peserta lain. Selain menimbulkan rasa percaya diri kelebihan dari OSN ini sendiri adalah siswa yang mengikutinya akan berkembang lebih baik karena selain soal-soal yang tidak umum diajarkan, bersaing dengan peserta lain akan mampu memberikan semangat baru untuk lebih baik, karena bahutiwa masih banyak orang lain di luar sekolahnya yang memiliki kemampuan di atas dia.
Baiklah kawan-kawan sekalian berikut ini beberapa soal latihan yang kami sarikan, untuk lebih lengkapnya bisa download di link soal yang kami bagikan.

1. Tubuh seorang siswa diputar ke arah kanan sebanyak 10 kali dalam kondisi membungkuk dan mata tertutup. Setelah berhenti, siswa tersebut diminta untuk berdiri lalu berjalan lurus dengan tubuh tegak dan mata terbuka. Hasilnya, siswa tersebut tidak mampu berjalan lurus bahkan hampir terjatuh ketika berdiri. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

A. mata berkunang-kunang sehingga kehilangan arah
B. saluran setengah lingkaran pada telinga terganggu
C. sistem peredaran darah menuju kepala terganggu
D. rangka tubuh tidak mampu beradaptasi dalam kondisi sekejap
2. Banjir dapat disebabkan oleh pendangkalan sungai, penebangan hutan tanpa reboisasi, dan kurangnya daerah resapan. Pilihlah dua upaya bijak yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir.
A. mengubah lahan parkir menjadi taman kota dan membangun con block
B. mengubah satu lahan kosong menjadi waduk dan membuat sungai buatan
C. membuat biopori dan mengganti jalan perumahan beraspal menjadi con block
D. membuat sumur dimana-mana dan membangun waduk
3. Perhatikan gambar populasi pohon akasia di bawah ini.
11 PAKET SOAL OSN SD IPA DAN MI TAHUN 2018-2019 SERTA PEMBAHASAN

Gambar di atas menunjukkan bahwa di sekitar pohon akasia tidak terdapat pohon berkayu jenis lain. Hal tersebut disebabkan oleh . . . .
A. pohon akasia mengeluarkan senyawa alelopati yang menyebabkan pohon berkayu
jenis lain di sekitarnya tidak dapat tumbuh
B. sebagian besar nutrisi di dalam tanah diserap oleh pohon akasia sehingga
tanaman di sekitarnya kekurangan nutrisi
C. sinar matahari tidak dapat menembus tutupan daun akasia yang sangat lebat
sehingga tanaman di sekitarnya tidak dapat berfotosintesis
D. akar tanaman disekitarnya terhalang
Untuk download 11 paket soal OSN IPA SD/ MI silahkan klik link/ tautan yang kami bagikan di bawah ini :
Demikianlah sajian dari kmai duniapendidikandansekolah.com semoga soal OSN IPA SD/MI ini bermanfaat dan mohon maaf untuk kawan-kawan semuanya. Sampai jumpa kembali di artikel kami selanjutnya.
Ya Rabbi Shalli 'Ala Muhammad Waftah Minal Khairi Kulla Mughlaq
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 Response to "10 PAKET SOAL OSN SD IPA DAN MI TAHUN 2018-2019 SERTA PEMBAHASAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel