Home » , , , , » Materi Kurikulum PPG Dalam Jabatan Guru (PPGJ) dan Capaian Lulusan PPG

Materi Kurikulum PPG Dalam Jabatan Guru (PPGJ) dan Capaian Lulusan PPG

Materi Kurikulum PPG Dalam Jabatan Guru (PPGJ) dan Capaian Lulusan PPG


Guru yang unggul dihasilkan dari pendidikan yang bermutu, atas dasar inilah pemerintah dalam hal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) merancang pola pembelajaran bagi guru yang belum disertifikasi dengan program yang dinamakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) atau yang sudah dalam jabatan disebut dengan PPGJ.
Hasil studi PISA tahun 2015 menunjukkan Indonesia dalam posisi 69 dari 76. Pada sisi yang lain hasil studi TIMSS Indonesia berada pada ranking 36 dari 49 negara dalam hal melakukan prosedur ilmiah.

Baca Juga :

Yang terakhir adalah program wajib belajar 9 tahun juga belum bisa dikatakan sepenuhnya tuntas terutama di daerah 3T, (Terluar, terdalam, terpencil).
Memaknai guru sebagai tenaga profesional adalah orang yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikat pendidik sesuai dengan permenristekdikti No 55 tahun 2017.
Adanya PPG dalam jabatan bagi guru (PPGJ) ini sebagai pengganti PLPG yang berakhir pada tahun 2017 ini, PPG sendiri dibagi menjadi dua yaitu PPG dalam jabatan dan PPG pra jabatan. Tujuannya jelas adalah meningkatkan profesionalisme guru sehingga layak dikatakan guru profesional.
Memang istilah profesional masih menjadi perdebatan di antara penerima dan non penerima sertifikasi karena profesionalisme tidak diukur dengan gelar akademik ataupun dengan selembar sertifikat pendidik, tapi inilah kenyataan yang harus kita hadapi bahwa standar penetapan profesionalisme guru dengan dapatnya sertifikat pendidik dan itu bisa dilalui dengan lulus PPG.
PPGJ ini akan dimulai tahun 2018, setiap guru yang lulus melalui undangan SIM PKB sudah diseleksi melalui pretest, dan yang lulus akan menjalani PPGJ pada tahun 2018.
Kurikulum PPG sendiri terbagi menjadi dua pertama 60% pengembangan perangkat pembelajaran baik itu pedagogik dan profesional dan 40% melaksanakan Program PPL.
Untuk lebih jelasnya silahkan di unduh panduannya secara lengkap, jadi bapak dan ibu yang Insya Allah lulus PPG bisa mempersiapkan diri dan memiliki sertifikat pendidik.
Download di bawah ini.


Jika kesulitan mengunduh alangkah baiknya anda membaca panduan mendownload file/ berkas di duniapendidikandansekolah.com KLIK DISINI

Demikian lah artikel kami Materi Kurikulum PPG Dalam Jabatan Guru (PPGJ) dan Capaian Lulusan PPG dari duniapendidikandansekolah.com jika ada kekurangan dan kesalahan kami memohon maaf.

Sampai jumpa lagi di artikel kami yang lainnya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh





0 komentar:

Post a Comment