Home » , , » Pedoman/ Petunjuk Teknis (Juknis) Lengkap Lomba Guru Berdedikasi SMA/ SMK Tahun 2018

Pedoman/ Petunjuk Teknis (Juknis) Lengkap Lomba Guru Berdedikasi SMA/ SMK Tahun 2018

Pada Tahun 2018 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan lomba guru berdedikasi untuk pendidikan menengah (DIKMEN) SMA/ SMK. oleh karenanya melalui artikel Pedoman/ Petunjuk Teknis (Juknis) Lengkap Lomba Guru Berdedikasi SMA/ SMK Tahun 2018 ini kami dari duniapendidikandansekolah.com ikut menyebar luaskan informasi ini agar semua guru yang memiliki syarat yang cukup bisa mengikuti lomba yang cukup bergengsi ini.
Pedoman/ Petunjuk Teknis (Juknis) Lengkap Lomba Guru Berdedikasi SMA/ SMK Tahun 2018

Oh ya sebelumnya dedikasi disini memiliki pemaknaan yang berbeda dari yang kita fahami selama ini, karena maknanya lebih ke arah pengertian seperti ini guru berdedikasi dalam kategori lomba ini adalah "guru SMA/SMK yang menjalankan peran dan fungsinya di daerah khusus, yang menunjukkan kinerja, pengabdian, kesetiaan, tanggung jawab, ketahanmalangan, ketulus-ikhlasan, berjasa terhadap negara, dengan menciptakan keteladanan dalam mengatasi permasalahan pendidikan dan kemasyarakatan sesuai dengan kondisilokal daerahnya".
Selain itu pula ketentuan lain adalah tempat mengajar yang disebut dengan daerah khusus "daerah dengan kondisi keterbatasan akses transportasi dan informasi, sarana dan prasarana, serta fasilitas pendukung pembelajaran lainnya,seperti: daerah dengan kondisi masyarakat adat yang terpencil dan terisolir, perbatasan dengan negara lain, daerah tertinggal, daerah konflik, daerah yang mengalami bencana alam, permasalahan sosial-ekonomi, dan/atau daerah yang berada dalam keadaan darurat lain".

Baca Juga:

Adapun syarat-syarat mengikuti lomba guru berdedikasi jenjang SMA/ SMK tahun 2018 ini adalah :

  1. Kualifikasi akademik sekurang-kurangnya D4/ S-1.
  2. 5 Tahun pengabdian secara berkelanjutan di satuan penpdidikan, dan atau 10 tahun jika berpindah satuan pendidikan.
  3. Belum pernah juara 1, 2, dan 3 lomba guru berdedikasi tingkat nasional sebelumnya.
  4. Peserta menyusun dan menyerahkan laporan profil pengabdian guru disertai dengan bukti pendukung yang meyakinkan (foto, dokumen, dan video) Lampiran di file unduhan.
Yang menjadi syarat penilaian adalah Dokumen persyaratan peserta sebanyak 20%, profil pengabdian selama bertugas 60% dan keterampilan berkomunikasi sebanyak 20%.

Untuk jenjang SMA/ SMK kepala sekolah menyeleksi guru sesuai dengan dokumen dan persyaratan yang ada untuk diajukan mengikuti lomba guru berdedikasi tingkat SMA/ SMK tingkat provinsi, kemudian jika guru yang bersangkutan mendapatkan juara 1 di provinsi akan segera mengikuti lomba guru berdedikasi tingkat nasional tahun 2018 dan juara di tingkat nasional nanti adalah juara 1, 2, dan juara 3.
Adapun jenjang penetapan peserta untuk jenjang satuan pendidikan adalah ditandai dengan surat keputusan kepala sekolah, kemudian di jenjang provinsi penetapannya bisa oleh gubernur atau kepala dinas pendidikan provinsi, Terakhir penetapan hasil lomba guru berdedikasi tingkat nasional ditetapkan dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Demikian artikel kami hari ini tentang Pedoman/ Petunjuk Teknis (Juknis) Lengkap Lomba Guru Berdedikasi SMA/ SMK Tahun 2018 dari duniapendidikandansekolah.com sampai jumpa kembali di artikel kami yang lainnya, terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment