Home » , , , » Lomba Guru Dikmen 2018 Penulisan Naskah Buku

Lomba Guru Dikmen 2018 Penulisan Naskah Buku

Lomba Guru Dikmen 2018 Penulisan Naskah Buku
Bismillahirrahmanirrahim.
Selamat datang kembali kami ucapkan di duniapendidikandansekolah.com . Walaupun dalam suasana liburan bagi sebagian sekolah kami tetap update artikel pendidikan untuk kawan-kawan semua. kali ini artikel yang kami bagikan adalah Lomba Guru Dikmen 2018 Penulisan Naskah Buku
PEDOMAN TEKNIS
LOMBA PENULISAN NASKAH BUKU UNTUK GURU
PENDIDIKAN MENENGAH
TAHUN 2018
Tema:
Peningkatan Penghayatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dan Kemampuan Literasi Dasar untuk Membentuk Pribadi Manusia Indonesia yang Cerdas, Berbudaya, Mandiri, dan Kompetetif
oleh:
Tim Teknis Direktorat Pembinaan Guru
Pendidikan Menengah Kemendikbud
Bagi kawan-kawan di pendidikan menengah yang mengajar di SMA/ SMK, ini adalah kesempatan yang sangat berharga untuk mengikuti lomba penulisan naskah buku tahun 2018, selain meningkatkan kompetensi diri sebagai guru, anda juga akan menyebarluaskan semangat literasi yang sedang digalakkan pemerintah yakni GLS (Gerakan Literasi Sekolah). selain itu pula lomba ini diharapkan menjadi salah satu sarana penguatan pendidikan karakter baik bagi pribadi guru maupun peserta didik kita yang sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Lomba Guru Dikmen 2018 Penulisan Naskah Buku

Sasaran Lomba adalah untuk menghasilkan sebanyak 50 (lima puluh) naskah buku yang terdiri atas naskah buku pengayaan pengetahuan dan pengayaan keterampilan (nonfiksi) serta naskah buku kepribadian (fiksi) untuk pendidikan menengah (SMA/SMK).
A. Judul Lomba
Judul Kegiatan Lomba Penulisan Naskah Buku adalah:
“Lomba Penulisan Naskah Buku untuk Guru Pendidikan Menengah”
B. Tema Lomba
Tema Kegiatan Lomba Penulisan Naskah Buku: Melalui Lomba Penulisan Naskah Buku, Kita Tingkatkan Penghayatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dan Kemampuan Literasi Dasar untuk Membentuk Pribadi Manusia Indonesia yang Cerdas, Berbudaya, Mandiri, dan Kompetetif
Tema Penulisan Naskah menekankan pada hal-hal yang berkaitan dengan Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi Dasar seperti berikut.
1. Mandiri
 Membangun Jiwa Kewirausahaan pada Siswa dalam Upaya Menciptakan Dunia Kerja
Kemandirian Pemuda Mewujudkan Indonesia yang Kompetetif
2. Gotong Royong
Nilai-Nilai Solidaritas dan Tolong-menolong sebagai Perwujudan Jiwa Gotong Royong
Optimalisasi Budaya Gotong Royong dalam Keberagaman
3. Integritas
Nilai-Nilai Integritas dalam Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia
Konsep Kejujuran dan Keteladanan untuk Membangun NKRI
4. Religius
Toleransi Beragama dalam Konsep Keimanan dan Ketakwaan
Pengaruh Pornografi terhadap Perkembangan Dunia Pendidikan
5. Nasionalis
Nilai-Nilai Kebangsaan dalam Menumpas Pengaruh Radikalisme dan Ekstrimisme
Negara Kuat Tanpa Narkoba
Kebhinekaan dan Keberagaman dalam Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan
Semangat Persaudaraan dan Toleransi di Sekolah sebagai Wujud Pengamalan Pancasila.
6. Literasi Baca Tulis
Literasi baca dan tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, 
menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Literasi Numerasi
Pengetahuan (kognitif) seseorang sebagai bagian dari ilmu dapat diimplementasikan dalam bentuk tulisan untuk dibaca dan dipahami oleh pembacanya. Materi (content) dari sebuah buku seyogyanya dipahami sesuai isi pesan (message) oleh pembacanya. Selanjutnya, pembaca setelah memahami dengan baik materi dari sebuah buku, pembaca dapat menganalisis dan menanggapinya dengan berbagai opini yang berkembang di pikirannya. Hasil analisis, respons, dan olahan pikiran merupakan bagian dari pemahaman komprehensif ranah pengetahuan (kognitif) yang dikembangkan dari sebuah bacaan. Pengembangan bahan yang ditulis dan bahan yang dibaca merupakan satu kesatuan dari definisi komprehensif tentang literasi baca tulis.
7. Literasi Sains
Literasi sains adalah pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasarkan fakta, memahami karakteristik sains, membangun kesadaran bagaimana sains dan teknologi membentuk lingkungan alam, intelektual dan budaya, serta meningkatkan kemauan untuk terlibat dan peduli dalam isu-isu yang terkait sains.V
Sains telah berkembang secara dinamis sesuai zamannya. Sains yang berkembang hendaknya dapat memberikan kontribusi positif kebermanfaatan secara tersistem antara manusia dan masyarakat, manusia dan teknologi, maupun manusia dan lingkungannya. Dengan demikian literasi sains dapat menjawab tantangan zaman bahwa sains boleh berkembang, tetapi sains dapat memberikan kontribusi positif terhadap kosmos isi dunia berserta makhluknya, bukan sebaliknya.
8. Literasi Digital
Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
Perkembangan dunia yang sangat dahsyat akibat revolusi digital terus berkembang dari masa ke masa. Revolusi digital berkembang secara aktif dengan aneka modifikasi transformasi, teknologi dan komunikasi. Semua kegiatan dapat dikembangkan sekaligus diimplementasikan secara desiminatif dalam waktu sekejap tidak ada batasan waktu dan tempat, dalam hitungan detik informasi dapat kita peroleh dengan sangat cepat dan akurat. Literasi digital sangat memungkinkan bertindak apa yang kita mau, namun demikian literasi digital secara bijak agar disikapi secara positif untuk digunakan sesuai kebermanfaatannya.
9. Literasi finansial
Literasi finansial adalah pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan (a) pemahaman tentang konsep dan risiko, (b) keterampilan, dan (c) motivasi dan pemahaman agar dapat membuat keputusan yang efektif dalam konteks finansial untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.
Dalam kehidupan sehari-hari, manusia dihadapkan dengan dinamika ekonomi sebagai bagian dari sarana penopang kehidupan di dunia. Perencanaan tentang pemahaman mengelola keuangan secara proporsional dengan administrasi tertib merupakan bagian dari literasi finansial. Pengelolaan ekonomi yang proporsional, terencana, dan terukur, baik di lingkungan dalam skala keluarga maupun dalam skala lingkungan yang lebih besar dapat mencapai tujuan optimal dengan mengeluarkan dana secara minimal sesuai prencanaan yang ditargetkan.
10. Literasi Budaya dan Kewargaan
Literasi budaya adalah pengetahuan dan kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa.
Negara Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang multikultural, dengan aneka perbedaan budaya. Namun demikian, perbedaan-perbedaan budaya tersebut dapat memperkaya khasanah budaya nasional untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu negara kesatuan Republik Indonesia yang bersatu. Bhinneka tunggal ika sebagai implementasi dari nilai-nilai persatuan dan kesatuan, dapat dijadikan contoh bahwa perbedaan budaya, dapat lebih memperkokoh nilai-nilai NKRI yang bersatu sebagai identitas nasional bangsa.
Literasi kewargaan adalah pengetahuan dan kecakapan dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar berpenghuni warnanegara yang sah dilindungi oleh Undang-Undang Dasar 1945 dengan memiliki hak dan kewajiban yang sama. Namun demikian, hak dan kewajiban tersebut harus dilakukan sesuai dengan norma-norma kehidupan sebagai bangsa yang memiliki dasar negara Pancasila, yaitu berketuhanan, berkemanusiaan, bersatu, bermusyawarah mufakat, dan berkeadilan sosial.
Untuk panduan yang lebih lengkap dan detail terkait Lomba Guru Dikmen 2018 Penulisan Naskah Buku silahkan klik link/ tautan yang bisa anda download di  bawah ini :
Demikian lah artikel kami hari ini tentang Lomba Guru Dikmen 2018 Penulisan Naskah Buku dari kami duniapendidikandansekolah.com semoga apa yang kami bagikan ini bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Sampai jumpa kembali di artikel kami yang lainnya dan terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Post a Comment