Home » , , , » Taksonomi Bloom Revisi Terbaru Serta Contoh Penerapan Soal C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 Pada Kurikulum 2013 Revisi 2017

Taksonomi Bloom Revisi Terbaru Serta Contoh Penerapan Soal C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 Pada Kurikulum 2013 Revisi 2017

Taksonomi Bloom Revisi Terbaru Serta Contoh Penerapan Soal C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 Pada Kurikulum 2013 Revisi 2017

Guru adalah tenaga pendidik yang mengabdikan Ilmunya untuk mencetak generasi yang akan melanjutkan estafet perjuangan bangsa ini. Melalui guru lah para pemimpin bangsa masa datang dipersiapkan. Sebagai seorang guru yang ingin keberhasilan dalam pembelajaran tentu melakuka segala sesuatunya dengan persiapan yang sangat matang. Salah satu unsur yang paling sering digunakan adalah instrumen tes atau pemberian soal kepada peserta didik. Melalui artikel Taksonomi Bloom Revisi Terbaru Serta Contoh Penerapan Soal C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 Pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini kami berharap bapak dan ibu bisa memahami bagaimana menggunakan taksonomi bloom dalam kegiatan pembelajaran terutama membuat soal-soal yang berkualitas agar peserta didik kita mampu berkembang kemampuan berfikirnya baik itu secara kognitif maupun keterampilannya.
Baiklah kami ingin memberikan contoh Penerapan Soal C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 yang terdiri dari 3 ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik Pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 agar nantinya bapak dan ibu dalam membuat soal bisa menghasilkan soal bermutu, dan tentunya berdasarkan dengan Taksonomi Bloom revisi terbaru.
Baiklah mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Bagaimana Membuat Perencanaan Tes yang Baik
Tes baru dikatakan memiliki arti jika terdiri dari butir-butir soal yang memiliki tujuan dan mewakili seluruh bahan yang diujikan. 
Untuk memudahkan guru dalam membuat tes maka diperlukan sebuah kisi-kisi, kisi-kisi sendiri memuat informasi yakni cakupan materi, kompetensi, level kesulitan soal, dan jumlah butir soal yang dibutuhkan.

Contoh Penerapan soal C1 Taksonomi Bloom Hafalan atau ingatan
Jenjang ini meliputi kemampuan menyatakan kembali fakta, konsep, prinsip, prosedur yang telah dipelajari.
contoh soal:
Peristiwa berikut yang termasuk peristiwa perubahan energi listrik menjadi energi gerak adalah adalah…..
a. Kipas angin
b. Pemasak nasi
c. Kulkas
d. Televisi

Contoh Penerapan soal C2 Taksonomi Bloom Pemahaman (Comprehension) C2
Pada jenjang ini siswa diharapkan kemampuannya untuk mengerti makna dari informasi yang diperoleh baik berupa fakta, konsep, dan prinsip.

Perbedaan prosa, puisi, dan drama dalam sastra Indonesia didasarkan atas….
A. bahasa yang digunakan
B. pengembangan plot dan struktur cerita
C. perwujudan lahiriah sebuah karya sastra
D. banyaknya tokoh dalam cerita
Contoh Penerapan soal C3 Taksonomi Bloom Penerapan (Application) C3
Pak Amri ingin mengetahui keterampilan siswanya dalam menggunakan mikroskop. Untuk kepentingan tersebut pak Amri telah menentukan 7 indikator. Dari 7 indikator tersebut kemudian dibuat 7 buah pertanyaan dalam bentuk skala rating. Setiap pertanyaan mempunyai 5 skala. Jika dari hasil pengukuran Ani memperoleh skor 20, berapa persenkah nilai yang diperoleh Ani ?
A. 20 %
B. 25 %
C. 57%
D. 71,4%

Contoh Penerapan soal C4 Taksonomi Bloom Analisis (Analysis) C4
Yang dimaksud analisis adalah kemampuan menguraikan suatu informasi yang dihadapi menjadi komponen-komponennya, sehingga struktur informasi serta hubungan antar komponen informasi tersebut menjadi jelas.
Jika kita menggunakan chat pada keyboard pada saat kita menekan Ctrl alt del dan klik End Proses maka apa yang akan terjadi pada computer tersebut ?
a. Refresh                   
b. Restart       
c. Shout Down
d. log off

Contoh Penerapan soal C5 Taksonomi Bloom Sintesis (Synthesis) C5
Yang dimaksud jenjang sintesis adalah kemampuan untuk mengintegrasikan bagian-bagian terpisah menjadi suatu keseluruhan yang terpadu. Termasuk di dalamnya kemampuan merencanakan eksperimen, karya tulis (laporan, artikel), menyusun cara baru untuk mengklarifikasikan obyek, peristiwa, dan informasi-informasi lainnya.
Hamdi mendengarkan dengan tekun ” Kuis 100 Kata ” melalui TV. Sebentar-sebentar ia mencatat, kemudian cepat beralih dan memperhatikan kembali kepada pembicara. Hamdi tidak beranjak dari kursinya sebelum acara tersebut selesai. Berdasarkan contoh tersebut, Hasan memiliki unsur-unsur, misalnya, konsentrasi penuh, bertujuan, berminat, siap secara fisik dan mental. Unsur-unsur tersebut termasuk bagian dari …
A. pembicara
B. pembicaraan
C. penyimak
D. situasi

Contoh Penerapan soal C5 Taksonomi Bloom Evaluasi (Evaluation) C6
Yang dimaksud jenjang evaluasi adalah kemampuan untuk mempertimbangkan nilai suatu pernyataan, uraian, pekerjaan, berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan. Misalnya memilih rumusan yang didukung oleh data.
Diketahui sebuah software dapat membuat sebuah extensi *.JPG dan *.TIF selain itu dapat pula melakukan pengeditan berupa gambar dan logo serta memanipulasi efek photo, selain itu pula software ini kini sudah memasuki generasi ke 14 atau juga disebut CS4 dari keterangan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa software tersebut….
a.Software desain grafis
b. Software statistik
c. Software desain html
d. Software angka
Aplikasi/ Software yang digunakan untuk keperluan mengetik, mengolah naskah/ dokumen yang dikenal dengan software pengolah kata adalah......
Jika bapak dan ibu memerlukan konsep C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 taksonomi bloom terbaru berupa pdf dan doc silahkan unduh file yang kami bagikan di bawah ini yang terdiri dari 3 ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik di link bawah ini :

Jika bapak dan ibu agak sulit mendownload file yang kami bagikan ini, sudi kiranya membaca artikel kami tentang cara download file di duniapendidikandansekolah.com

Demikian artikel kami hari ini tentang Taksonomi Bloom Revisi Terbaru Serta Contoh Penerapan Soal C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 Pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 dari duniapendidikandansekolah.com semoga bermanfaat dan tentunya soal-soal yang dihasilkan bapak dan ibu guru setelah membaca artikel ini menjadi lebih berkualitas.

0 komentar:

Post a Comment