script async='async' src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> Download Panduan Pembuatan Soal Resmi Pilihan Ganda dan Uraian SMP/ Mts bermuatan HOTS - Dunia Pendidikan

Download Panduan Pembuatan Soal Resmi Pilihan Ganda dan Uraian SMP/ Mts bermuatan HOTS

Download Tips dan Panduan Pembuatan Soal Pilihan Ganda dan Uraian SMP/ Mts bermuatan HOTS
Kesempatan ini kami membagikan artikel tentang Download Tips dan Panduan Pembuatan Soal Pilihan Ganda dan Uraian SMP/ Mts bermuatan HOTS di duniapendidikandansekolah.com .
Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik adalah salah satu kegiatan yang rutin dalam kegiatan belajar mengajar.  Penggunaan penilaian hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosis kemampuan dan kelemahan peserta didik, monitoring perkembangan belajar peserta didik, menilai ketercapaian target kurikulum, memberi nilai peserta didik dan menentukan ukuran  efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis sampai saat ini masih merupakan instrumen yang dominan digunakan dalam menilai hasil belajar peserta didik.

Tes tertulis secara umum dapat dibedakan menjadi tes dengan pilihan jawaban (non-constructed response test), peserta didik hanya memilih dari jawaban yang disediakan, dan tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test), peserta didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan jawaban sering dikritik karena dipandang tidak dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan jawaban dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, bila tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.
Oleh karena penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan diharapkan dapat memberikan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut dapat digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik dan memberi informasi yang valid.
Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh karena itu bentuk penilaian lain seperti portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk penilaian tersebut tidak penting.
Klik link biru di bawah ini untuk mengunduh panduannya Tips serta Panduan Pembuatan Soal Pilihan Ganda dan Uraian SMP/ Mts bermuatan HOTS.

Silahkan diunduh dan silahkan dishare dan dimanfaatkan agar Bapak dan Ibu guru SMP/ MTs mampu membuat soal yang sesuai dengan panduan yang telah ada, agar nantinya tujuan yang diharapkan sesuai dengan harapan dan tim pembuat soal tidak disalahkan karena tidak faham tentang tata cara pembuatan soal terutama untuk tingkatan SMP/ MTs di seluruh Indonesia.

Demikian artikel kami tentang Download Tips dan Panduan Pembuatan Soal Pilihan Ganda dan Uraian SMP/ Mts bermuatan HOTS dari duniapendidikandansekolah.com .
Terima kasih sudah berkunjung dan sukses selalu pendidikan Indonesia, tidak lupa kami memohon maaf jika ada kekurangan dalam penulisan soal ini.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 Response to "Download Panduan Pembuatan Soal Resmi Pilihan Ganda dan Uraian SMP/ Mts bermuatan HOTS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel